Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan, Salah Satu Bukti Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia

- 16 Agustus 2022, 18:29 WIB
 Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tulisan Tangan Soekarno yang dibacakan pada hari kemerdekaan 17 Agustus 1945, salah satu bukti sejarah kemerdekaan RI/ Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya
 Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tulisan Tangan Soekarno yang dibacakan pada hari kemerdekaan 17 Agustus 1945, salah satu bukti sejarah kemerdekaan RI/ Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya /

PRIANGANTIMURNEWS - Teks proklamasi kemerdekaan merupakan salah satu bukti sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Teks proklamasi kemerdekaan merupakan hasil ketikan naskah tulisan tangan Soekarno yang disetujui oleh peserta sidang perumusan proklamasi atas usul Soekarni.

Teks proklamasi kemerdekaan ditandatangani di rumah kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda yang sekarang menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang berkedudukan di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Siapa Berani, Inilah Beberapa Objek Wisata dengan Nuansa Mistis di Jawa Barat

Teks proklamasi kemerdekaan telah ditetapkan sebagai Naskah rekomendasi Penetapan Benda Cagar Budaya Nomor Be-0002/TANCB/17/05/2013.

Berikut isi dari teks proklamasi yang merupakan bukti sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta.

Itulah isi dari teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: KASUS SUBANG TERBARU: Kaget! Ternyata Tertangkapnya Pria Berinisial S Ada Bukti Kuat Temuan DNA dan Signal HP!

Teks tersebut ternyatasedikit berbeda dengan naskah tulisan tangan Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari yaitu teks yang sempat disimpan oleh Burhanuddin Muhammad Diah dan yang kini ditetapkan sebagai Naskah Rekomendasi Pemetapan Sebagai Benda Cagar Budaya Nomor Be-0002/TACBN/17/06/2013 serta disimpan di Arsip Nasional Indonesia, Jakarta.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x