Gempa 6,4 M Guncang Padang Sidempuan buat Warga Panik, akibat Pergerakan Lempeng Indo-Australia

- 4 April 2023, 07:17 WIB
Peta pusat gempa di wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara terjadi pada Senin malam 3 April 2023 pukul 21.59.43 WIB./tangkap layar instagram @infobmkg
Peta pusat gempa di wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara terjadi pada Senin malam 3 April 2023 pukul 21.59.43 WIB./tangkap layar instagram @infobmkg /

PRIANGANTIMURNEWS - Gempa Bumi berkekuatan 6,4 Magnitudo mengguncang wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

 

Dalam laporan yang Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi akibat adanya pergeseran lempeng Indo-Australia bersifat subduksi.

Gempa tersebut terjadi pada malam hari, tepatnya pada 3 April 2023 pukul 21:59:43 WIB dengan titik koordinat 0,79 lintang utara dan 98,67 bujur timur.

Baca Juga: Gempa guncang Papua Nugini, 400 Orang Pekerja WNI Selamat

Sementara sumber gempa bumi tersebut terjadi di laut dengan jarak mencapai 93 kilometer dari arah Barat Daya Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Gempa bumi tersebut memiliki kedalaman dengan jarak mencapai 95 kilometer dibawah permukaan laut.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Daryono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG pada hari Senin malam.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah," ungkap Daryono.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @bmkg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x