Tanggulangi TPPO, Bakamla RI Tambah Kapal Patroli Tercepat di Indonesia

- 26 Juni 2023, 20:00 WIB
Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa. Ini untuk membantu mengatasi TPPO.
Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa. Ini untuk membantu mengatasi TPPO. /

PRIANGANTIMURNEWS - Upaya memberantas Tindak Pidana Penjualan Orang (TPPO) Bakamla RI menambah kekuatan Kapal Patroli tercepat di Indonesia.

Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa. Ini untuk membantu mengatasi TPPO.

 Peresmian kapal HSC yang bernomor lambung HSC IV/32-04 ditandai dengan penekanan sirene dan pengguntingan pita dalam suatu rangkaian acara peresmian yang dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Provinsi Kepri, Senin 26 Juni 2023.

Baca Juga: Polres Subang Tangkap Dua Pelaku TPPO

Kapal HSC tersebut memiliki panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya mengatakan kapal HSC ini merupakan kapal keempat dimiliki Bakamla RI, dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir dan kepulauan. 

Menurutnya, saat ini tantangan maritim semakin kompleks terutama di wilayah kepulauan yang sering terjadi pelanggaran pelayaran, penyelundupan senjata,  narkoba. 

Baca Juga: Pengiriman 123 PMI ilegal ke Malaysia Digagalkan Satgas TPPO Polri

“Dan yang saat ini ditekankan pemerintah adalah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” ungkap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Mengakhiri sambutannya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan, kita patut bersyukur karena keberhasilan dari PT Palindo dalam membangun HSC ini yang merupakan wujud kemampuan industri maritim dalam negeri terhadap keamanan maritim nasional. 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Humas Bakamla RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x