Danau Riam Kanan yang Indah di Kalsel, Sebagai PLTA Juga Sumber Cuan Bagi Warga Sekitar

- 2 Juli 2023, 10:00 WIB
Waduk Riam Kanan di Kabupaten Banjar, Kalsel/sebagai PLTA juga sumber pencaharian warga sekitar/antara
Waduk Riam Kanan di Kabupaten Banjar, Kalsel/sebagai PLTA juga sumber pencaharian warga sekitar/antara /
 
PRIANGANTIMURNEWS - 'Bukan lautan tetapi kolam susu', itulah bagian penggalan kata yang penuh makna tertulis dalam sebuah syair lagu.

Betapa kayanya tanah air Indonesia, Tuhan telah meng-Anugerahkanya kepada umatnya khususnya rakyat Indonesia.

Jangan hanya menjadi sebuah pajangan sebagai tontonan belaka, namun sudah semestinya dijaga, dirawat dan dilestarikan.
 
Baca Juga: Tim SAR cari satu wisatawan tenggelam di Danau Situ Datar Pangalengan

Seperti diberitakan adanya pegunungan Meratus yang memiliki keelokan tersendiri, Riam Kanan di wilayah Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Waduk Riam Kanan yang membentuk beberapa pulau, danau yang luas dengan air berwarna biru hingga teluk-teluk yang berkelok menjadikan danau ini sangat indah dan artistik.

Keelokan panoramanya begitu jelas jika dilihat dari Bukit Matang Keladan, bagaikan menara pandang untuk menikmati hamparan danau buatan tersebut.

Diketahui Waduk Riam Kanan ini adalah sebagai sumber penggerak Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang diresmikan pada 1973 bersumber dari Pegunungan Meratus yang kini ditetapkan sebagai Geopark 'Taman Bumi ' Nasional 2018.
 
Baca Juga: F1 Powerboat Danau Toba 2023 Meriah dan Sukses, Meski Putaran Lomba Kedua Dibatalkan

Pegunungan meratus di sekitaran Waduk Riam Kanan tersebut memiliki 17 situs yaitu, Sungai Kembang, Matang Keladan, Panorama Riam Kanan, Jejak Longsor, Keramba Ikan, Rumah Panggung.

Kemudian Pulau Rusa, Gunung Purba, Pulau Bekantan, Pulau Pinus, Pulau Siram, Pohon Saksi Banjir/Ba'ah, Desa Wisata Balangian, Hutan Kahung, Makam Keramat, Saksi Desa Yang Tenggelam dan Batu Pasir Purmasi Manunggal.

Bukan hanya menyimpan sejarah bumi dengan gunung berapi dasar laut, petilasan kapak batu hingga berlian, namun Danau ini juga memberikan masa depan bagi mereka yang tetap bertahan.
 
Baca Juga: 5 Danau Terindah di Indonesia, Menakjubkan Nomor 2 Kedalamannya Mencapai 508 Meter

Bahkan ikan-ikan yang ada di danau itu menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat yang tinggal sekitar 14 desa di wilayah Waduk Riam Kanan.***







Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah