BKPM Terbitkan Lebih Dari 7 Juta NIB Lewat OSS Untuk Para Pelaku UMK

- 31 Desember 2023, 09:28 WIB
Pemerintah Kota Medan menggelar layanan keliling NIB gratis bagi UKM dengan tujuan memberikan kemudahan layanan perijinan bagi pelaku UMK dalam program Saka Sanwira (Satu Kelurahan Satu Sentra Wirausaha)/ANTARA FOTO/Yudi/wpa
Pemerintah Kota Medan menggelar layanan keliling NIB gratis bagi UKM dengan tujuan memberikan kemudahan layanan perijinan bagi pelaku UMK dalam program Saka Sanwira (Satu Kelurahan Satu Sentra Wirausaha)/ANTARA FOTO/Yudi/wpa /

PRIANGANTIMURNEWS - BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)/Kementerian Investasi, diberitakan sudah menertibkan NIB (nomor induk berusaha) sebanyak 7.146.105 lewat OSS (sistem online single submission).

Dari sejumlah NIB yang sudah terdata terbagi menjadi beberapa jenis komposisi jenis usaha, yakni komposisi usaha mikro 6.887.479 NIB, usaha kecil 187.402 NIB, 23.350 NIB usaha menengah, serta 47.874 NIB usaha besar.

Tina Talisa, Staf Khusus dan Juru Bicara dari Kementerian Investasi/BKPM, memberikan apresiasi pada seluruh pelaku usaha yang sudah melakukan pengurusan perizinan berusaha yaitu NIB lewat sistem OSS berbasis risiko.

Baca Juga: Memalukan! Mahasiswi Terbaik Lulusan PGSD UMK Mengaku Diintimidasi Wakil Rektor I

Apresiasi tersebut dia sampaikan di Jakarta pada Sabtu 30 Desember 2023. Dia juga menyampaikan bahwa sistem itu merupakan implementasi dari UU Cipta Kerja guna memberikan kemudahan dalam berusaha.

Tina mengatakan rasa terima kasihnya untuk semua yang sudah dilakukan oleh para pelaku usaha dalam menertibkan pengurusan NIB,“Terima kasih pada pelaku usaha Indonesia yang sudah kooperatif. Pengurusan surat NIB yang sepenuhnya 'online' tidak akan dapat berjalan tanpa kesediaan serta pemahaman dari para pelaku usaha."

Pernyataan yang menurutnya luar biasa-pun disampaikan, bahwa pelaku dari usaha mikro dan kecil (UMK ) sangat mendominasi sekali dalam penerbitan NIB

Baca Juga: Resmi! Daftar UMK Jawa Barat Tahun 2023, Karawang Tertinggi, Sementara Banjar Terendah

Dia juga menambahkan, bahwa jumlah NIB yang diterbitkan lewat sistem OSS mengalami peningkatan sangat signifikan pada tahun ini, yaitu lebih dari 2 juta NIB terbit semenjak peringatan 2 tahun sistem OSS dengan basis risiko Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah