Tempat Pengisian Gas di Tangerang Meledak, 5 Orang Terluka, Penyebab Belum Diketahui Pasti

- 2 April 2024, 12:41 WIB
Kebakaran terjadi di gudang pengisian elpiji di Kota Tangerang, Banten, pada Senin (1/4/2024) malam.
Kebakaran terjadi di gudang pengisian elpiji di Kota Tangerang, Banten, pada Senin (1/4/2024) malam. /ANTARA/HO-BPBD Kota Tangerang/

PRIANGANTIMURNEWS - Penanggulangan kebakaran dalam sebuah pabrik adalah aspek penting yang memerlukan perencanaan, persiapan, dan tindakan yang tepat untuk memastikan keselamatan pekerja, melindungi aset perusahaan, dan mencegah kerugian yang besar.

Pabrik harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran yang efektif seperti detektor asap, sprinkler, sistem pemadam kebakaran otomatis, dan peralatan pemadam kebakaran yang mudah diakses. 

Setiap pabrik harus memiliki rencana evakuasi yang jelas dan dipahami oleh semua karyawan.

Baca Juga: Cegah Ada Kecurangan BBM, Kasat Reskrim Lakukan Sidak ke Pom

Pelatihan reguler harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua orang tahu tindakan yang harus diambil dalam situasi kebakaran, termasuk penggunaan peralatan pemadam kebakaran dan rute evakuasi yang aman.

Penanggulangan kebakaran di pabrik merupakan tanggung jawab bersama antara manajemen pabrik, karyawan, dan petugas pemadam kebakaran.

Dengan perencanaan yang matang, pelatihan yang tepat, dan sistem proteksi kebakaran yang efektif, risiko kebakaran dapat diminimalkan dan dampaknya dapat dikelola dengan lebih baik.

Baca Juga: Penyelundupan PMI dan WNA Bangladesh ke Malaysia Berhasil Digagalkan TNI AL, 8 Orang Diamankan

Seperti peristiwa yang terjadi pada malam Senin 1 April 2024, sebuah kebakaran hebat terjadi di gudang bekas pabrik KMK (Karya Mulya Kencana) yang berlokasi di Jalan M. Toha, Kelurahan Periuk, Kota Tangerang, Banten. 

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x