Waspada! Debit Air Sungai Meningkat, Ratusan Warga Tanah Datar Sumatera Barat Mengungsi

- 29 Juni 2024, 10:35 WIB
 Debit air sungai meningkat akibat terus diguyur hujan. Warga Tanah Datar kembali mengungsi akibat debit air sungai meningkat. /HO-Pemkab Tanah Datar)
Debit air sungai meningkat akibat terus diguyur hujan. Warga Tanah Datar kembali mengungsi akibat debit air sungai meningkat. /HO-Pemkab Tanah Datar) /

PRIANGANTIMURNEWS - Debit air air sungai meningkat. Itu terjadi akibat hujan deras terus mengguyur wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, ratusan warga Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang berdomisili di sekitaran sungai Jumat 28 Juni 2024 malam kembali mengungsi.

Wali Nagari Rambatan, Tanah Datar, Irzon di Batusangkar, Sabtu, mengatakan hujan lebat yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Tanah Datar dan sekitaran Gunung Marapi pada Jumat (28/6) sore hingga malam hari mengakibatkan debit air sungai batang Lona naik.

Baca Juga: MIRIS! Mahasiswi di Bogor Jadi Brand Ambassador Judu Online Ditangkap, Terancam 10 Tahun Penjara

Tingginya debit air sungai membuat ratusan warga Jaho Jorong Pabalutan, Nagari (desa) Rambatan yang tinggal di sekitar bantaran sungai tersebut mengungsi mencari tempat yang lebih aman.

"Sebanyak 138 warga kami mengungsi menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman," katanya.

Dia mengatakan, pascabencana banjir bandang pada bulan lalu warga yang bermukim di pinggir sungai semakin tanggap dengan kejadian serupa.

Baca Juga: Peduli Ketahanan Pangan, Polres Tasikmalaya Kota Gelar Serahkan Bantuan Pupuk di Bungursari

Apabila melihat air sungai sudah mulai naik warga langsung mengungsi ke tempat ketinggian dan bahkan mereka sudah menyiapkan pondok-pondok untuk tempat mengungsi.

"Alhamdulillah warga kami sudah semakin tanggap terhadap keselamatannya masing-masing. Apabila melihat air sungai naik, mereka langsung mengungsi ke tempat ketinggian dan tempat yang sudah mereka siapkan," kata dia.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah