Banjir Setinggi 80 Cm Rendam Tiga Kecamatan di Banggai Laut Sulteng

- 13 Juni 2024, 16:30 WIB
Tangkapan Layar - Situasi rumah warga terendam banjir di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Kamis 13 Juni 2024/HO-BPBD Sulteng/aa.
Tangkapan Layar - Situasi rumah warga terendam banjir di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Kamis 13 Juni 2024/HO-BPBD Sulteng/aa. /

PRIANGANTIMURNEWS -Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut terendam banjir akibat intensitas curah hujan tinggi.

Hal itu berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sulteng Andy Sembiring di Kota Palu ada tiga kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Banggai. Banggai Selatan dan Banggai Tengah.

Baca Juga: Ustadz AYA: Hikmah Hari Raya Idhul Adha Sebagai Momentum Kepedulian Terhadap Sesama

"Dari laporan yang kami terima, tiga kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Banggai, Banggai Selatan, dan Banggai Tengah," kata Andy Sembiring Kamis 13 Juni 2024.

Dikatakan Andy banjir merendam rumah warga pada empat desa di Kecamatan Banggai yaitu Desa Lompio, Lamboko, Kokini, dan Lampa. Sementara itu banjir terjadi di Desa Bentean, Kecamatan Banggai Selatan, dan Desa Monsongan di Banggai Tengah.

Andy menjelaskan peristiwa banjir terjadi pada Kamis sekitar pukul 05.00 WITA karena intensitas curah hujan yang tinggi sehingga debit air meningkat dan menggenangi permukiman warga dengan ketinggian mencapai 50-80 sentimeter.

Baca Juga: UCR Sebut Ibadah Kurban Simbol Penyembelihan Sifat Hewan Pada Manusia
​​​​​​
Pihaknya juga masih berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Banggai Laut. Adapun Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat, kata dia, saat ini masih berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan asesmen di lapangan serta membantu warga di lokasi.

"Untuk saat ini berdasarkan laporan, 20 Kepala Keluarga (KK) terdampak di Desa Lamboko. Namun untuk yang lainnya masih dalam tahap pendataan oleh tim di lapangan. Kebutuhan mendesak juga masih dalam tahap pendataan," ujarnya.

Ia mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi adanya korban jiwa atau warga yang mengungsi karena bencana banjir.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah