Ratusan Santri Pesantren Persis Benda Kota Tasikmalaya Dipulangkan

- 16 Februari 2021, 20:38 WIB
Puluhan orang tua santri berdatangan mengirimkan makanan dan bekal ke Pondok Pesantren Persis 67 di Jalan Benda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa (16/2/2021).
Puluhan orang tua santri berdatangan mengirimkan makanan dan bekal ke Pondok Pesantren Persis 67 di Jalan Benda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa (16/2/2021). / Priangantimurnews/Rommy Roosyana/

PRIANGANTIMURNEWS - Ratusan santri Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) 67 di Jalan Benda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya dipulangkan. Mereka yang dipulangkan merupakan santri yang dinyatakan negatif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pengurus Pondok Pesantren Persis 67, Ichsan menyebutkan, ratusan santri yang hasil tes swab menunjukkan negatif, sudah dipulangkan. Bahkan sebagian dijemput keluarganya.

"Sudah ada ratusan orang yang pulang. Hari ini saja, ada sekitar 50 orang lebih yang pulang. Mereka berasal dari sekitar Tasikmalaya, Garut, Bandung, dan luar pulau Jawa," sebut Ichsan kepada Priangantimur, Selasa 16 Februari 2021.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Tidak Boleh Anda Panaskan dalam Microwave, Lihat Akibatnya

Para santri yang pulang jelas Ichsan, sebelumnya diperiksa demi melindungi keluarga santri di rumah masing-masing. Begitu juga keluarga yang menjemput ke lingkungan pesantren, diperiksa. Mereka juga diminta surat keterangan negatif Covid-19, untuk memastikan keamanan anak-anaknya.

Pesantren tersebut kini dikarantina, tidak diperbolehkan ada kegiatan apapun di dalam lingkungannya. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, mengambil langkah taktis tersebut setelah 380 orang santri dinyatakan positif Covid-19.

Yusuf menjelaskan, dari 832 sampel tes swab yang diperiksa di Labkesda, hasilnya 380 orang dinyatakan positif Covid-19. Pemkot Tasikmalaya, langsung menerapkan karantina mikro di lingkungan pesantren tersebut. Ratusan santri dan puluhan pengajar dievakuasi dengan mengerahkan 21 ambulan untuk diisolasi di beberapa lokasi pada Senin,  15 Februari 2021 sore.

Baca Juga: Tugas Kuliah Numpuk, Lakukan Hal Ini untuk Menyelesaikannya

Para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 jelas Yusuf, ditempatkan di tiga lokasi, sebagian besar difokuskan di Hotel Crown, yang masih berada di Kecamatan Cipedes. Sebagian santri lainnya ditempatkan di Rumah Sakit Dewi Sartika, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Sisanya, diisolasi di lingkungan pesantren karena keterbatasan kapasitas ruang isolasi.

"Sisanya, ada 100 santri yang diisolasi mandiri di pesantren. Penempatan disesuaikan dengan kondisinya hasil pemeriksaan tim medis," jelas Yusuf.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x