LPBH NU Garut Dukung Perpanjangan PPKM Darurat Asalkan Perhatikan Kesejahteraan Masyarakat

- 19 Juli 2021, 18:02 WIB
Ketua PC LPBH NU Garut, Miraj Gumbira, S.H
Ketua PC LPBH NU Garut, Miraj Gumbira, S.H /PRIATIM PRMN/ALI RUHIYAT/

PRIANGANTIMURNEWS- Menyikapi perihal pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa-Bali yang akan berakhir besok yakni pada tanggal 20 Juli 2021. Beredar kabar bahwa kebijakan tersebut akan diperpanjang hingga akhir bulan.

Dilansir dari Antara, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memutuskan PPKM diperpanjang sampai akhir Juli 2021. Hal itu disampaikan Muhadjir saat mengunjungi Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien Covid-19 di Yogyakarta, Jumat, 16 Juli 2021.

Keputusan tersebut belum disampaikan secara resmi oleh pemerintah, rencananya keputusan final dari kebijakan apakah PPKM Darurat akan diperpanjang atau tidak akan diumumkan secara resmi pada Senin sore, 19 Juli 2021.

Baca Juga: Simak, Lima Pesan Ridwan Kamil untuk Idul Adha Tahun Ini

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Garut Miraj Gumbira, S.H mangatakan bahwa apapun keputusan pemerintah terkait wacana diperpanjang PPKM Darurat merupakan upaya preventif.

“terkait wacana perpanjangan PPKM se-Jawa-Bali hingga akhir juli 2021 adalah langkah bijaksana jika ditujukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Miraj kepada kami melalui sambungan seluler, Senin, 19 Juli 2021.

Kang Miraj, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa dalam konteks hukum negara maupun hukum agama Islam keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

“Salus populi suprema lex esto artinya keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi dalam kaidah hukum. dalam konsep Islam sendiri agama hadir untuk mewujudakan dan memelihara nilai-nilai kemanusiaan, yang mana tujuan pokok tersebut terdapat dalam Maqashid Syariah (tujuan syariat) yaitu untuk menjaga agama, harta, akal, jiwa, dan keturunan,” tutur Miraj.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Ungkap Jenis Vaksin Terbaik bagi Masyarakat Indonesia

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x