Tetap Bugar dengan Olahraga Selama Work From Home

- 23 Februari 2021, 22:06 WIB
olehraga ringan yang bisa dilakukan selama work from home di rumah.
olehraga ringan yang bisa dilakukan selama work from home di rumah. /Priangantimurnews/Pixabay/lograstudio/

PRIANGANTIMURNEWS - Olahraga adalah kebutuhan hidup bagi setiap manusia, sayangnya kurang dipedulikan oleh banyak orang. Padahal, olahraga memberikan manfaat besar terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin, manfaat olahraga juga akan terasa semakin optimal untuk tubuh.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) dalam buku panduannya mengenai Global Recommendations on Physical Activity for Health menganjurkan usia orang dewasa yang sehat untuk melakukan olahraga minimal 150 menit per minggu.

Belakangan ini, work from home (WFH) begitu lekat dengan gaya hidup minim gerak atau lebih dikenal dengan istilah sedentary lifestyle, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Dua Kali Menang Liga Premier, Beginilah Cara Guardiola Tanamkan Mental Juara Manchester City

Untuk mengurangi risiko ini selama WFH, ada baiknya melakukan olah raga ringan dalam ruangan seperti yang terangkum di bawah ini:

1. Jumping Jack
Gerakan yang dilakukan dalam jumping jack dapat melatih kekuatan jantung, paru-paru, dan otot dalam waktu bersamaan.

2. Leg Lift
Baringkan tubuh ke sisi kanan kemudian tekuk kedua lutut ke belakang. Sanggah kepala ke atas dengan tangan kanan dan letakkan tangan kiri sejajar dengan pinggul. Rentangkan kaki kiri untuk membentuk garis lurus dengan tubuh. Agar pinggul tak tertindih, angkat kaki kiri lurus ke arah langit-langit, lalu tekuk lutut dan bawa ke arah perut.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Personel, Unit Jibom Latihan Deteksi Bom

3. Diamond Reverse Crunches
Berbaringlah telentang dengan tangan di samping tubuh lalu telapak tangan menghadap ke bawah. Satukan kedua kaki dan buka lutut ke samping sehingga ada ruang di antara menyerupai berlian.

Letakan beban ke telapak tangan dan kencangkan perut saat mengangkat kaki ke atas pinggul. Selanjutnya, angkat pinggul untuk mendorong kaki ke atas.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x