Anak Pintar Wajib Tahu, Ini Beda China, Hong Kong dan Makau

- 1 Juli 2021, 12:32 WIB
Wilayah Hong Kong dan Makau.
Wilayah Hong Kong dan Makau. /Wikipedia/

PRIANGANTIMURNEWS- Para penggemar film-film kungfu pasti sering menderngar wilayah bernama Hong Kong dan Makau. Sebagian menganggap dua daerah tersebut bagian dari China.

Sebagian lainnya mengira Hong Kong dan Makau adalah negara-negara yang berbeda dari China. Pasalnya, terkadang kita menemukan Hong Kong dan Makau hadir sebagai peserta ajang atau forum internasional dengan membawa bendera sendiri.

Jawaban mendasarnya ada pada istilah "Satu Negara, Dua Sistem". Baik Hong Kong dan Makau, keduanya merupakan dua wilayah khusus di bawah Republik Rakyak China.

Hong Kong yang merupakan bekas koloni Inggris dikembalikan kepada China pada 1997 dengan perjanjian untuk tetap mempertahankan sistem yang sudah berjalan di wilayah tersebut. Konsep serupa berlaku untuk Makau, yang diserahkan Portugis pada 1999.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Kamis, 01 Juli 2021, Sinetron Terbaru “17+” Tayang Perdana Hari ini

Dengan konsep "Satu Negara, Dua Sistem", Hong Kong dan Makau diberi kebebasan untuk memiliki sistem pemerintahan dan sistem ekonomi sendiri. Tak jarang, Hong Kong dan Makau pun mengikuti ajang ataupun forum dunia dengan membawa bendera dan simbol sendiri.

Selain Hong Kong dan Makau, ada juga Taiwan. Berbeda dengan Hong Kong dan Makau, sengketa politik antara China dan Taiwan belum berkesudahan hingga hari ini.

China menganggap Taiwan adalah bagian dari Republik Rakyat China, meskipun Taiwan telah sejak lama mendeklarasikan diri sebagai negara berdaulat. Hingga kini, China selalu membatasi pengakuan negara-negara lain terhadap kedaulatan Taiwan.

Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi ya membedakan China, Hong Kong, Makau dan Taiwan.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah