Pemprov Jabar Kucurkan Rp 25 Miliar untuk 1.253 Beasiswa di 108 Perguruan Tinggi

- 24 September 2021, 20:51 WIB
Ilustrasi beasiswa.
Ilustrasi beasiswa. /Kemendikbud/

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyerahkan 1.253 beasiswa untuk berlajar di 108 perguruan tingggi pada program Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019.

Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepada sembilan mahasiswa via konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 23 September 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi mengatakan, untuk tahun 2021 ini, beasiswa untuk warga Jabar tersebut mengalami peningkatan dari jumlah pendaftar maupun dari jumlah perguruan tinggi yang terlibat. Peningkatan dari tahun 2020 mencapai lebih dari 35 persen.

Baca Juga: Prediksi Skor Chelsea vs Manchester City, Pratinjau, Head-to-Head: Liga Premier 2021-2022

Di mana pada JFLS 2021 ini disediakan kuota sebesar 1.253 untuk berbagai jenis beasiswa dan 108 perguruan tinggi yang terlibat termasuk yang ada di luar Jabar.

"Tahun 2021 ini juga JFLS untuk pertama kali bekerja sama dengan Perguruan Tinggi di luar Jawa Barat yang diantaranya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, serta Institut Teknologi Sepuluh November," ujar Dedi Supandi saat penyerahan beasiswa JFLS dan penyerahan sertifikat Calon Kepala Sekolah, Kamis 23 September 2021.

Adapun berbagai bantuan beasiswa yang disediakan, yaitu beasiswa pendidikan S1 Penuh, bantuan biaya pendidikan S2 dan S3, beasiswa pendidikan untuk jenjang D3, D4 dan S1 Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), beasiswa prestasi seni dan budaya, prestasi olahraga, prestasi aktivis, dan prestasi keagamaan. Di mana anggaran untuk kuota sebesar 1.253 tersebut yaitu sebesar Rp 25 miliar.

Baca Juga: Hindari Konflik Dingin Dave Desak Indonesia Jalin Kerjasama dengan Aukus

Selain itu, keberhasilan Program Pendampingan tahun sebelumnya juga diteruskan di tahun ini. Hal itu bertujuan agar beasiswa JFLS 2021 ini dapat mencapai tujuan, yaitu untuk membentuk pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x