Jelang Hari Guru Nasional, Inilah Tiga Perempuan Jawa Barat Yang Mendedikasikan Dirinya di Dunia Pendidikan

- 22 November 2022, 17:45 WIB
 Raden Emma Poeradiredja salah satu tokoh perempuan Jabar dalam pendidi kan/  Historia
Raden Emma Poeradiredja salah satu tokoh perempuan Jabar dalam pendidi kan/  Historia /

PRIANGANTIMURNEWS - BSetiap tanggal 25 Novemver selalu diperiangti sebagai haru Guru Nasional (HGN).

Banyak tokoh perempuan di Indonesia yang berkiprah dan mendedikasikan hidupnya di dunia pendidikan sebagai pendidik atau guru.

Termasuk sejumlah perempuan di Jawa Barat, ada sederet nama kaum perempuan yang hidunya selalu mendedikasikan sebagai pendidik atau guru.

Baca Juga: Impian Laura Basuki Terwujud, Akhirnya Bisa Bermain di Film Komedi

Lantas di Jawa Barat siapa saja perempuan yang selama hidupnya berkpirah dalam dunia pendidikan, khususnya sebagai pendidik atau guru.

Selain Raden Dewi Sartika ternyata ada tokoh perempuan lainnya yang juga dari Jawa Barat. Inilah 3 tokoh perempuan Jawa Barat tersebut.

Siti Jenab lahir di Cianjur pada 1890. Perempuan hebat ini pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Raden Dewi Sartika di Bandung.

Raden Siti Jenab menerapkan pembelajaran kepada para perempuan di Cianjur melalui konsep dari pintu ke pintu. Pelajaran yang disampaikan adalah Bahasa Sunda,Bahasa Melayu,Bahasa Belanda,berhitung dan budi pekerti.

Selain pelajaran tersebut, Siti Jenab juga mengajarkan cara membatik dan merenda. Raden Siti Jenab sedang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Pahlawan Nasional.

Baca Juga: Warga Bojong Koneng Desa Ciroya Cianjur Berharap Bantuan Makanan Segera Tiba

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x