Giring eks Nidji menjadi Ketua Umum PSI, Berikut ini Fungsi Partai Politik untuk Masyarakat

- 18 November 2021, 14:26 WIB
Giring eks Nidji.
Giring eks Nidji. /Instagram.com/@cynthiaganesha
 
 
PRIANGANTIMURNEWS - Giring eks Nidji secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) periode 2019-2024 secara definitif. Keputusan itu diambil dalam agenda Kopdarnas PSI yang digelar pada Selasa 17 November 2021
 
Giring sebelumnya menjabat sebagai plt ketua PSI bersama Dea Tunggaesti sebagai plt sekjen PSI. Dea juga resmi menjabat sebagai Sekjen DPP PSI definitif.
 
 
Giring Ganesha atau Giring eks Nidji menggantikan ketua umum Grace Natalie yang menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina.
 
"Dalam Kopdarnas kemarin, dilantik Susunan Pengurus DPP PSI 2019-2024 Ketua Umum H Giring Ganesha Djumaryo," kata Ketua DPP PSI, Isyana Bagus Oka kepada wartawan, Kamis 18 November 2021.
 
Sebetulnya apasih tugas dan fungsi partai politik? Berikut ini akan dipaparkan tugas dan fungsi sebuah partai politik.
 
 
Dilansir dari berbagai sumber, sebuah partai politik didefinisikan sebagai sekelompok orang yang terorganisir dengan setidaknya tujuan dan pendapat politik yang hampir mirip, yang berusaha mempengaruhi kebijakan publik dengan membuat para kandidatnya terpilih untuk jabatan publik.
 
Partai-partai politik melakukan tugas-tugas utama dalam masyarakat demokratis, seperti:
 
1. Meminta dan menerapkan prioritas kebijakan publik dan kebutuhan sipil dan masalah yang diidentifikasi oleh anggota dan pendukung partai.
 
2. Mensosialisasikan dan mendidik pemilih dan warga negara dalam berfungsinya sistem politik dan pemilu dan generasi nilai-nilai politik umum.
 
 
3. Menyeimbangkan permintaan yang berlawanan dan mengubahnya menjadi kebijakan umum.
 
4. Mengaktifkan dan memobilisasi warga untuk berpartisipasi dalam keputusan politik dan mengubah opini mereka menjadi pilihan kebijakan yang layak.
 
5. Menyalurkan opini publik dari warga ke pemerintah.
 
6. Merekrut dan melatih kandidat untuk jabatan publik.
 
7. Partai politik sering digambarkan sebagai mediator yang dilembagakan antara masyarakat sipil dan mereka yang memutuskan dan menerapkan keputusan.
 
Meskipun banyak peran penting dan menjalankan beberapa fungsi dalam masyarakat, tetapi yang terlihat hanya pencalonan dan presentasi kandidat dalam kampanye pemilu.
 
Namun yang diketahui masyarakat seorang ketua umum (Ketum) partai politik umumnya ingin mengajukan diri sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.***

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x