6 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Baik dan Benar, Kolektor Bonsai Wajib Tahu

- 18 November 2021, 13:05 WIB
Tanaman Hias Bonsai Juniper yang Unik di Seluruh Dunia, Lengkap Cara Memperbanyaknya./*
Tanaman Hias Bonsai Juniper yang Unik di Seluruh Dunia, Lengkap Cara Memperbanyaknya./* //* mantra sukabumi/Pixabay/ hempelfrankfurt
 
PRIANGANTIMURNEWS - Bonsai adalah pohon yang sengaja dikerdilkan dengan tujuan membuat miniatur dari pohon asli yang besar dan tua di alam bebas. 
 
Istilah bonsai digunakan di Jepang untuk seni tradisonal dalam pemeliharaan tanaman dalam sebuah pot dangkal. Selain itu di Jepang, bonsai diapresiasi dari keindahan bentuk daun, dahan, batang dan akar pohonnya.
 
Bahkan, pot bonsai yang digunakan juga menjadi kriteria bonsai itu dianggap bagus atau tidak.
 
 
Bonsai harus mendapatkan keseimbangan yang tepat antara penyiraman, paparan sinar matahari, dan pemangkasan sehingga bonsai tetap sehat.
 
Bonsai merupakan tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam maupun di luar rumah. Untuk merawat tanaman ‘kerdil’ ini berikut hal-hal yang harus diperhatikan.
 
1. Penggantian Pot
 
Bonsai selalu ditanam dalam pot yang dangkal. Oleh karena itu, untuk mendorong pertumbuhan akar barunya pot bonsai perlu diganti. Apalagi jika bonsai terus bertumbuh, pasti memerlukan pot yang lebih besar. Pastikan ada lubang pada pot yang dapat mengalirkan air keluar supaya akar bonsai tidak terendam air.

Baca Juga: 6 Manfaat Dahysat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan, Turunkan Resiko Penyakit Jantung Hingga Hingga Bahagia

2. Siram Secara Rutin

Bonsai memang tidak boleh disiriam terlalu banyak, karena hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dan dapat membusukkan akar. Tapi bonsai juga harus dijaga agar tidak kekeringan. Jaga kelembabannya agar tanah tidak terlalu basah maupun terlalu kering.

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Bonsai tetap perlu dijemur. Namun, intensitas paparan sinar matahari perlu diwaspadai, jika paparannya terlalu banyak, justru akan merusak bonsai.

4. Pemangkasan

Agar bonsai selalu tampak cantik, perlu dilakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang kurang baik. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan cabang yang terlalu cepat.

Selain cabang, ranting dan daun juga perlu dipangkas untuk membentuk bonsai sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Sedang Ramai Penipuan Balik Nama Sertifikat Tanah, Begini Ketentuan yang Benar

5. Pemupukan

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x