Presiden Republik Aer Harniwan Obech: Ayo Tukarkan Sampah Jadi Emas

- 22 Februari 2021, 17:14 WIB
Tumpukan sampah di bantaran Sungai Ciwulan, Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Bank Sampah Berkah akan menerima penukaran sampah dari warga dengan kepingan emas murni.
Tumpukan sampah di bantaran Sungai Ciwulan, Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Bank Sampah Berkah akan menerima penukaran sampah dari warga dengan kepingan emas murni. / Priangantimurnews/Rommy Roosyana/

PRIANGANTIMURNEWS – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sejumlah komunitas pecinta lingkungan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tak pernah lelah mengedukasi dan mensosialisasikan bahayanya.

Terbaru, dibentuk Bank Sampah Berkah yang menerima penukaran sampah menjadi kepingan emas murni.

Presiden Republik Aer Kota Tasikmalaya, Harniwan Obech mengungkapkan, persoalan sampah yang setiap hari diproduksi semua individu di dunia ini tak pernah menemukan solusi yang jelas.

Baca Juga: Elegan dan Cantik, Ini 11 Bahan Kain untuk Gamis dan Hijab

Organisasinya bersama komunitas pecinta lingkungan di Kota Tasikmalaya tak akan pernah kehabisan akal untuk terus beraksi.

"Terutama untuk mengurangi kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Kami bukan cuma mengedukasi, kami juga sering melakukan aksi, mulai bersih-bersih sampah di bantaran sungai sampai memotivasi masyarakat untuk menukarkan sampah yang mereka kumpulkan dengan emas murni," ungkap Harniwan Obech kepada priangantimurnews.com, Senin 22 Februari 2021 siang.

Ia menjelaskan, Republik Aer, Karang Taruna Kelurahan Tanjung, dan Relawan Raksa Lembur menginisiasi membuat Bank Sampah Berkah.

Baca Juga: Tiga Pengedar Sabu-sabu Ditangkap Satreskrim Polres Sumedang

Lembaga yang baru di-launching pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari ini, sudah mulai menerima penukaran sampah yang disimpan warga dengan kepingan emas murni seberat 0,025 gram pada hari itu juga.

Inisiator Bank Sampah Berkah lainnya, Ahmad Tazakka Bonanza mengungkapkan, sampah menjadi permasalahan yang tidak pernah selesai, bahkan saat ini Indonesia menjadi penyumbang sampah terbesar kedua di dunia.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x