Google Rilis Fitur Keamanan Baru Menandai Dokumen Mencurigakan di Drive

- 26 Januari 2022, 08:01 WIB
Sebagai upaya phishing kepada para pengguna Google Drive, goole meluncurkan fitur keamanan baru ke layanan drivenya mengatasi serangan siber 
Sebagai upaya phishing kepada para pengguna Google Drive, goole meluncurkan fitur keamanan baru ke layanan drivenya mengatasi serangan siber  /The Sun/

PRIANGANTIMURNEWS- Google akhirnya meluncurkan fitur keamanan baru ke layanan Drive-nya itu. Fitur baru ini untuk mengatasi serangan siber yang berisi ransomware sebagai upaya phishing kepada para pengguna Google Drive. 

Dengan fitur keamanan teranyar ini, pengguna Google Drive akan melihat spanduk peringatan berwarna kuning, apabila ada jenis file yang mencurigakan.

Spanduk kuning muncul di bagian atas halaman lampiran, setelah pengguna mengklik tautan yang ingin di unduh ke perangkat.

Baca Juga: Pameran Pertanian, Bupati Jeje: Berharap Petani di Pangandaran Bisa Mengambil Peluang dan Bersaing

Selain itu, spanduk juga menyertakan pemberitahuan, "File tersebut terlihat mencurigakan. Itu mungkin akan mencuri informasi pribadi Anda".

Tak hanya di Google Drive, fitur baru ini juga diluncurkan di semua layanan Google, termasuk Google Workspace, G Suite Basic, dan G Suite Business.

Dalam pengumumannya, Google mengatakan fitur keamanan ini akan tersedia secara bertahap pada beberapa minggu ke depan untuk semua pengguna global. Dengan demikian, data yang disimpan di Google Drive akan lebih aman.

Baca Juga: Cara Mengetahui Siapa yang Stalking Akun Instagramu

Fitur spanduk ini akan melindungi pengguna dari upaya phishing yang dapat mencuri data di platform tersebut. Pada 2020, sempat ada kasus di mana peretas mengeksploitasi Drive untuk mengirim email dan pemberitahuan secara paksa.

Pada awalnya, pesan tersebut tampak biasa saja. Namun, korban akan diarahkan ke situs website jahat yang dapat membobol perangkat pengguna.***

 

Editor: Muh Romli

Sumber: The Sun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x