Ada 2 Macam Ilmu Ekonomi di Antaranya Ini Dia….

- 19 Desember 2021, 22:09 WIB
 Ekonomi makro dan mikro
Ekonomi makro dan mikro /Dok. STIE Darma/

PRIANGANTIMURNEWS- Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu yang dipelajari dalam rumpun ilmu sosial dan humaniora. Ada dua pembagian ilmu ekonomi yang dipelajari.

Istilah ekonomi berasal dari kata oikonomeia dalam bahasa Yunani. Kata tersebut terbentuk dari oikos yang artinya rumah tangga dan nomos berarti norma atau aturan.

Seperti dikutip priangantimurnews.com daru buku berjudul Buku Teori Ekonomi karya  Syafaatul Hidayati, ekonomi adalah aturan mengenai rumah tangga. Dalam perkembangannya, ilmu ekonomi didefinisikan sebagai yang mempelajari tindakan atau usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berhasil Comeback Melawan Malaysia AFF SUZUKI CUP 2021

Berikut adalah pembagian 2 Teori Ilmu Ekonomi di antaranya:

Pertaman Teori Ekonomi Mikro

Terori ekonomi makro merupakan suatu bidang dalam Ilmu Ekonomi yang sifatnya menganalisis mengenai bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Adapun isu pokok yang dianalisis meliputi bagaimana caranya menggunakan faktor produksi yang ada secara efisien supaya kemakmuran masyarakat dapat dimaksimalkan.

Teori Ekonomi Mikro (yang sering juga ditulis sebagai mikroekonomi) merupakan cabang dari Ilmu Ekonomi yang mempelajari perilaku individu baik konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas input, barang maupun jasa yang diperjualbelikan di pasar.

Perlu diketahui bahwa tujuan dari Ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang dapat membentuk harga secara relatif kepada produk dan jasa yang ada, dan mengaalokasikan sumber yang terbatas diantara banyak penggunaan alternatif pemenuhan kebutuhan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku teori ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah