Optimalisasi Pekarangan Ditanami Tanaman Pangan Bergizi Sebagai Upaya Penurunan Stunting

- 8 Juli 2022, 22:29 WIB
Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk memanfaatkan pakarangan ditanami tanaman pangan
Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk memanfaatkan pakarangan ditanami tanaman pangan /Twitter @jokowi/

PRIANGANTIMURNEWS- Himbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait optimalisasi pekarangan untuk ditanami tanaman pangan bergizi sebagai upaya penurunan stunting, sangat beralasan.

Hal tersebut dikatakan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Brian Sri Prahastuti, menurutnya, berdasarkan data The State on Food Security and Nutrion (SOFI) pada 2021.

Bahwa makanan yang dikonsumsi rumah tangga di Indonesia belum mencapai kecukupan, baik dari aspek jumlah maupun keragamannya.

Baca Juga: lni Hasil Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF U19 2022, Rabbani Tasnim Cetak Hattrick

“Hal itu yang membuat risiko kekurangan gizi pada anak berusia di bawah lima tahun cukup tinggi. Pekarangan bisa bermanfaat bagi pemenuhan pangan bergizi," kata Brian dalam siaran pers di Jakarta, Jumat 8 Juli 2022.

Dikutip dari antaranews.com, pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, di Medan, Sumatera Utara, Kamis 7 Juli 2022.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya optimalisasi pekarangan untuk penurunan stunting. Yakni dengan memanfaatkan lahan-lahan sekecil apa pun untuk menanam dan memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari.

Baca Juga: Jadwal Piala AFF U19 2022 Hari Ini, Simak dan Catat Tanggal Mainnya

"Sehingga bisa memenuhi asupan gizi dan target penurunan stunting 14 persen pada 2024 bisa dicapai," jelasnya.

Brian menyampaikan, salah satu penyebab terbesar stunting adalah minimnya akses terhadap pangan bergizi. Untuk itu, pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga menjadi sangat penting.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x