Kenali Gejala Virus Nipah dan Pahami Cara Penyebarannya

- 28 Januari 2021, 20:53 WIB
Ilustrasi virus nipah
Ilustrasi virus nipah /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Meski belum ada laporan kejadian infeksi virus Nipah di Indonesia, namun kewaspadaan perlu ditingkatkan.

Virus Nipah sejenis Virus RNA dalam genus Henipavirus. Virus ini bisa menyebar antar manusia yang satu dengan yang lainnya dan dari hewan ke manusia.

Penyebaran virus ini biasanya berasal dari kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Virus biasanya bersumber dari kelelawar buah. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 1998 saat terjadinya wabah di Malaysia, virus ini diisolasi pada tahun 1999.

Baca Juga: Gawat Nih, Kemensos Hapus BST Rp300.000 untuk Golongan Ini, Ini Daftar Penerima BLT 2021

Nama virus diambil dari nama sebuah desa di Malaysia, Sungai Nipah. Virus ini juga diketahui menginfeksi babi.

Gejala dari infeksi nipah bervariasi, mulai dari tidak ada gejala sama sekali hingga demam, batuk, sakit kepala, sesak napas, dan kebingungan.

Jika gejala memburuk pasien akan mengalami koma selama satu sampai dua hari. Juga mengalami komplikasi seperti peradangan otak dan kejang setelah pemulihan. Bahkan Virus Nipah merenggut jutaan nyawa pada tahun 1999.

Baca Juga: Harga Daging Sapi Melonjak Pedagang Bakso Datangi Menteri Koperasi UMKM

Virus Nipah masuk dalam daftar sepuluh penyakit menular WHO yang memiliki risiko kesehatan terbesar.

Di dalam daftar penyakit menular itu juga ada Mers dan Sars. Dua penyakit ini sama-sama dipicu oleh Virus Corona yang memiliki risiko kematian lebih tinggi dari Covid-19, namun tidak terlalu mudah menular.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x