Ingin Beruntung di Tahun 2021, Konsumsi Makanan Ini Saat Perayaan Imlek

- 12 Februari 2021, 10:01 WIB
 Seorang warga hendak sembahyang di depan patung dewa yang dihiasi beragam penganan khas perayaan Tahun Baru Imlek, di Kelenteng Hok Tek Bio, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Seorang warga hendak sembahyang di depan patung dewa yang dihiasi beragam penganan khas perayaan Tahun Baru Imlek, di Kelenteng Hok Tek Bio, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. /Rommy Rosyana/Priangantimurnews/

PRIANGANTIMURNEWS - Tahun Baru Imlek bagi keluarga Tionghoa, merupakan perayaan dengan deretan tradisi unik. Selain sembahyang kepada leluhur, biasanya juga ada persembahan dan jamuan.

Makanan yang wajib disajikan pada saat perayaan Imlek mengandung makna tersendiri. Dilansir Priangantimur dari honolulumagazine.com, berikut makanan yang selalu hadir saat perayaan Tahun Baru Imlek dan dipercaya membawa membawa keberuntungan:

1. Ikan
Tradisi menyantap ikan yang dimasak dengan cara dikukus ini memiliki makna positif, serta baik untuk dikonsumsi. Ada tata cara tersendiri untuk menghidangkan dan mengonsumsinya.

Baca Juga: Sekelompok Pemuda Laporkan Novel Baswedan ke Mabes Polri, Gara-gara Cuitannya di Twitter

Di antaranya kepala ikan harus menghadap tamu terhormat, ini untuk mewakili rasa hormat. Kemudian, ikan bisa dikonsumsi apabila orang yang menghadap ke kepala ikan itu makan terlebih dahulu.

2. Mie Panjang Umur
Sesuai dengan namanya, mie panjang umur dapat melambangkan pengharapan agar panjang umur. Ini berdasarkan panjang mie dan persiapan memasak yang memerlukan waktu cukup lama sehingga merupakan simbol bagi para penikmatnya.

3. Pangsit dan Dimsum
Menurut sejarah yang beredar, pangsit dan dimsum merupakan makanan yang menggambarkan peluang datangnya uang. Semakin banyak menyantap sajian ini, makin banyak pula peluang mendulang uang.

Baca Juga: Jelang Imlek Permintaan Ikan Bandeng Menurun, Biasanya Melonjak

4. Jeruk
Buah ini dipercaya membawa keberuntungan karena bentuk bulat dengan warna oranye keemasan yang melambangkan kekayaan.

5. Kue Beras Ketan
Deretan daftar terakhir dari sajian khas imlek berupa kue beras ketan. Ini merupakan makanan yang disantap pada malam perayaan tahun baru. Makna dari mengonsumsi kue ini, diharapkan semakin tinggi derajat dan tingkat kemakmuran bisnisnya.***

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x