Imlek 2021, Tahun Kerbau Logam Pertanda Bangkitnya Perekonomian

- 11 Februari 2021, 22:36 WIB
Ilustrasi Tahun Kerbau Logam.
Ilustrasi Tahun Kerbau Logam. /Pixabay/likedok88

PRIANGANTIMURNEWS - Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru Imlek 2021 dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh, pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama).

Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chuxi yang berarti "malam pergantian tahun".

Perayaan Imlek di Indonesia kerap digelar cukup meriah lantaran banyak warga Tiongkok yang sudah turun-temurun menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga: 9 Jenis Olahraga yang Aman  untuk Lansia Beserta Manfaatnya

Leluhur orang Tionghoa-Indonesia berimigrasi secara bergelombang sejak ribuan tahun yang lalu melalui kegiatan perniagaan. Peran mereka beberapa kali muncul dalam sejarah Indonesia, bahkan sebelum Republik Indonesia dideklarasikan dan terbentuk.

Catatan-catatan dari Tiongkok menyatakan bahwa kerajaan-kerajaan kuno di Nusantara telah berhubungan erat dengan dinasti-dinasti yang berkuasa di Tiongkok.

Faktor inilah yang kemudian menyuburkan perdagangan dan lalu lintas barang maupun manusia dari Tiongkok ke Nusantara dan sebaliknya.

Baca Juga: Pelaku Seni di Pangandaran Sudah Boleh Manggung, Ini Syaratnya

Setiap Imlek memiliki lambang dan makna yang berbeda-beda setiap tahunnya. Tahun 2021 ini, melambangkan kerbau logam yang bertepatan pada tanggal 12 Februari.

Makna dari logam sendiri yakni momentum bagi masyarakat untuk bangkit dan bekerja giat setelah melewati tantangan Covid-19. Sedangkan kerbau melambangkan kekuatan akan memulihkan keadaan perekonomian.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x