9 Jenis Olahraga yang Aman  untuk Lansia Beserta Manfaatnya

- 11 Februari 2021, 22:13 WIB
Beberapa orang lansia sedang melakukan senam. Olahraga senam merupakan salahsatu olahraga yang aman untuk para lansia.
Beberapa orang lansia sedang melakukan senam. Olahraga senam merupakan salahsatu olahraga yang aman untuk para lansia. /Pikiran Rakyat/


PRIANGANTIMURNEWS- Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Tak terkecuali untuk orang yang sudah berusia lanjut (lansia).
Agar dapat hidup lebih sehat, para lansia perlu rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik.

Hanya olahraga bagi para lansia tentu berbeda dengan olahraga bagi anak muda. Lalu jenis olahraga apa yang cocok untuk lansia.

Para lansia disarankan untuk tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga setidaknya 150 menit per minggu atau minimal 30 menit setiap harinya.

Baca Juga: Pelaku Seni di Pangandaran Sudah Boleh Manggung, Ini Syaratnya


Berikut rekomendasi olahraga yang aman dilakukan lansia supaya tubuh tetap bugar.

1. Berjalan
Jalan santai merupakan salah satu aktivitas fisik paling sederhana dan baik untuk lansia. Aktivitas ini dapat menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan menguatkan jantung.

Agar tetap bugar dan sehat, para lansia tidak perlu berjalan terlalu lama atau jauh. Cukup dengan rutin berjalan di dalam rumah atau sekitar halaman. Namun, perlu diingat bahwa selama pandemi COVID-19 ini, para lansia perlu menerapkan protokol kesehatan dan mengenakan masker saat hendak berjalan di sekitar rumah.

Baca Juga: Bank Indonesia Tasikmalaya Kejar Target 12 Juta Merchant QRIS Nasional Tahun 2021

Membayangkan berjalan kaki selama 30 menit mungkin akan menjadi aktivitas yang berat bagi lansia yang memiliki kendala kesehatan pada kaki.

Namun cobalah berjalan dengan lambat sembari berkeliling di sekitar perumahan dan menghirup udara segar yang dapat memperbaiki kondisi fisik maupun psikologis.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah