Mengenal Rujak Cingur Ciri Khas dari Jawa Timur

- 19 Maret 2021, 19:38 WIB
Resep Rujak Cingur Khas Jawa Timur,  Selera Tradisional yang Bikin Lidah Nagih.
Resep Rujak Cingur Khas Jawa Timur, Selera Tradisional yang Bikin Lidah Nagih. /Instagram

PRIANGANTIMURNEWS- Rujak Cingur adalah makanan yang terkenal dari Jawa Timur khususnya di Surabaya. Makanan ini juga termasuk makanan tradisional atau lokal.

Surabaya adalah salah satu daerah yang ada di daerah Provinsi Jawa Timur. Jawa Timur saat ini diperintah oleh seorang gubernur dari kalangan perempuan yaitu Khofifah Indar Pawansa.

Rujak Cingur bisa disantap kapanpun dan dimanapun serta cocok dikonsumsi untuk kalangan anak-anak, pemuda-pemudi, orang dewasa bahkan lansia (lanjut usia).

Komposisi dari rujak cingur khas Jawa Timur ini, berisi timun, mangga muda, bengkuang, kedondong, nanas, dna bumbu-bumbu rujak yang dilengkapi dengan tempe atau krupuk serta sayur-sayuran.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Minta Agar Calon Pengantin di Indonesia Melakukan Konseling Pra Nikah, Cegah KDRT

Dikutip priangantimurnews dari beberapa sumber, makna dari Rujak Cingur dalam Bahasa Jawa, artinya makanan yang dimakan melalui mulut dilengkapi petis (bumbu rujak).

Rujak Cingur menjadi makanan yang sangat digemari oleh para remaja yang memiliki selera pedas yang tinggi. Namun, rujak cingur juga bisa diatur kepedasannya sesuai selera masing-masing.

Rujak Cingur bisa disajikan di dua tempat, bisa disajikan dengan cara dibungkus dan bisa disajikan di piring atau daun pisang dengan mengampar.

Selain itu, tata cara penyajian rujak cingur adalah yang pertama adalah mencuci semua bahan-bahan rujak cingur dengan bersih. Kedua, iris-iris bahan tersebut menjadi potongan dadu atau potongan sesuai selera yang diinginkan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x