Suara Air Mampu Menenangkan Pikiran Galau

- 10 Juli 2021, 13:21 WIB
Gambar air terjun.
Gambar air terjun. /Instagram @rizaputranto/

PRIANGANTIMURNEWS- Ilmuwan menemukan penjelasan ilmiah kenapa suara dari alam memiliki efek restoratif pada jiwa manusia.

"Menurut studi terbaru dari Scientific Reports, suara alam tersebut secara fisik mengubah koneksi di otak kita.

Suara alam mampu menurunkan ketegangan akibat respon fight or flight yang menjadi naluri alamiah insting pertahanan hidup kita.⁣

"Saya pasti akan merekomendasikan jalan-jalan di lingkungan alami kepada siapa pun, apakah mereka sedang merasa lelah atau tidak. Jika di masa pandemi belum bisa maka dengarkanlah suara alam," Gould van Praag, Brighton and Sussex Medical School, 2021⁣.

Baca Juga: Harga naik, Penjualan Cabai Rawit Domba Turun Saat PPKM Darurat

Gould van Praag dan tim menggunakan teknik pemindaian otak, monitoring detak jantung dan eksperimen perilaku untuk mengukur efek fisiologis dari suara alam terhadap kita.

Beliau dan tim menyimpulkan secara umum bahwa suara alam mendorong perhatian yang lebih terfokus ke luar (external-focused attention).

"Itu sebabnya suara alam mampu membuat kita lebih rileks karena bersifat melepaskan perhatian otak kita," ujarnya.

Sementara dalam kondisi sehari-hari, kita sering berada pada keadaan fokus ke dalam (inward-focused attention) dimana kondisi ini mencakup hal-hal terkait kekhawatiran hingga stres psikologis.⁣

Baca Juga: Prediksi Skor Argentina vs Brasil, Statistik, Berita Tim, Starting XI, dan Link Live Final Copa America 2021

"Saya bukan ahli psikiatri atau psikolog namun menyimak hasil penelitian Gould van Praag memperlihatkan bahwa sains itu begitu luas. Saya belajar banyak," ujarnya.

Bagi yang tertarik jurnal ilmiah bisa searching: Gould van Praag, Sci Reports, Mind-wandering and alterations to default mode network connectivity when listening to naturalistic versus artificial sounds, 2017.

Video courtesy Kyle Sullivan, Bailey Ceeek, 2020 dengan attribution 2.0 Generic (CC BY 2.0).

Ambil manfaat dari post ini, jadikan penambah ilmu kita dan mari tetap menerapkan 5M demi diri, keluarga dan lingkungan sekitar. ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⠀⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
"Kita tetap mengutamakan 5M Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Keluar Rumah (5M).***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @rizaputranto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x