6 Tips Memilih Pembalut yang Aman dan Nyaman

- 14 Juli 2021, 19:57 WIB
Ilustrasi pembalut.
Ilustrasi pembalut. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Berhati-hatilah ketika memilih pembalut sekali pakai.

Dari hasil penelitian, bahan zat Dioxin dan serat sintesis yang terkandung pada bahan pembuatan pembalut, berisiko tinggi terhadap kesehatan wanita, salah satunya Cervical Cancer, Endometriosis, Infertility, Ovarian Cancer, Breast Cancer, Immune system deficiencies, pelvic inflammatory disease, dan toxic shock syndrome.

Menurut dr. Rachmad Poedyo Armanto, SpOG, sebenarnya tidak ada kategori khusus dalam pemilihan pembalut wanita. Namun, yang terpenting adalah bagaimana keoptimalan daya serap pembalut tersebut terhadap darah menstruasi.

Baca Juga: Irwansyah Positif Covid-19, Pantau CCTV untuk Melihat Kegiatan Zaskia dan Ukkasya

Sedangkan menurut Dr. Boyke, hindari memakai pembalut yang terkandung di dalamnya zat pemutih maupun zat pewangi buatan. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya reaksi alergi pada area vital wanita yang ditimbulkan dengan gejala keputihan, radang, bahkan infeksi pada area kewanitaan.

Dikutip Priangantimurnews.com dari buku La Tahzan. Berikut tips memilih pembalut yang aman dan nyaman:

1.Pilih pembalut yang lembut dan berdaya serap tinggi.

2.Hindari pembalut yang mengandung wewangian buatan (parfume).

3.Bagi yang memiliki kulit sensitive, maka hindarilah pembalut yang mengandung bahan zat pemutih buatan dan hendaklah memakai pembalut yang dapat dicuci pakai bukan yang sekali pakai lalu buang agar kulit dapat lebih aman dan tidak iritasi kulit.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: La Tahzan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x