Kenapa Merasa Lega Setelah Menangis? Ini Penjelasannya

- 26 Agustus 2021, 21:15 WIB
  ilustrasi orang sedang menangis
ilustrasi orang sedang menangis / pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Anda pasti pernah megeluarkan air mata karena menangis, entah karena senang ataupun sedih. Hal tersebut adalah wajar dialami oleh semua orang dari semua kalangan. 
 
Di saat kita menangis, biasanya perasaan kita akan merasa lega. Perasaan lega sehabis menangis ternyata berkaitan dengan jenis air mata yang kita keluarkan.
 
Dari tiga jenis air mata, yakni air mata basal, air mata refleks, dan air mata emosional, air mata emosionallah yang berfungsi seperti obat penghilang rasa sakit alami, sehingga kita akan merasa lebih baik sehabis menangis.
 
 
Ada tiga jenis air mata yang dihasilkan kelenjar air mata kita, yaitu:
 
● Air mata basal
 
Air mata ini berfungsi menjaga mata tetap basah dan mencegah bakteri jahat menginfeksi mata.
 
● Air mata refleks
 
Air mata ini terbentuk ketika mata perlu membersihkan sesuatu yang berbahaya yang masuk ke mata, seperti asap atau debu.
 
 
● Air mata emosional
 
Jenis air mata yang terakhir ini akan muncul ketika kamu merasa senang atau sedih.
 
Air mata basal dan refleks mengandung lebih banyak garam daripada air mata emosional, yang penting untuk menjaga mata tetap sehat 
 
Air mata emosional mengandung lebih banyak hal lain, seperti hormon (jenis bahan kimia yang unik dibadan kita) yang berfungsi seperti obat penghilang rasa sakit alami, sehingga kita akan merasa lebih baik sehabis menangis.***
 

 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x