Ini Cara dan Macam-macam Gerakan Massage untuk Hilangkan Rasa Pegal

- 12 Maret 2022, 07:14 WIB
Bila badan terasa capek, anda tak perlu ke tukang pijat. Namun bisa melakukan pijitan atau massage sendiri. caranya pun mudah dan praktis
Bila badan terasa capek, anda tak perlu ke tukang pijat. Namun bisa melakukan pijitan atau massage sendiri. caranya pun mudah dan praktis /orami/


PRIANGANTIMURNEWS- Manfaat pijat sendiri bisa mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, mengurangi sakit, nyeri otot, hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Memberikan pijatan sangat mirip dengan menciptakan seni. Baik gerakan dan tekanan yang terapkan mirip dengan sapuan kuas pada lukisan, dan bila dilakukan dengan ahli maka hasilnya akan lebih nyata.

Berikut ini macam-macam gerakan massage yang paling populer digunakan sekarang:

Baca Juga: Cowok Wajib Tahu Nih, 5 Kelemahan Laki-laki Berzodiak Pisces

1. Kneading
Gerakan massage yang pertama adalah kneading. Mungkin yang paling mudah dilakukan oleh amatir. Kneading melibatkan penggunaan ibu jari atau telapak tangan untuk memberikan tekanan ke berbagai bagian tubuh.

Idenya di sini untuk menarik otot menjauh dari tulang, untuk membantu mengurangi kejang otot. Nama teknis dari kneading adalah petrissage, yang sebagian besar digunakan dalam buku teks tentang terapi pijat.

2. Effleurage (Mengelus Ringan/Mendalam)
Metode effleurage adalah metode lain yang cukup umum digunakan. Ini melibatkan penggunaan tangan untuk memberikan sedikit tekanan pada kulit.

Baca Juga: 5 Cara Memasang Kuku Palsu, Kuku Cantik Tanpa Perlu ke Salon

Dalam teknik ini, tangan harus tetap rata saat meluncur di atas tubuh, dan melibatkan penggunaan minyak atau krim untuk menambah kenyamanan. Effleurage sering digunakan pada awal dan akhir pijatan untuk mencapai kenyamanan dan relaksasi maksimal.

Tujuannya untuk melemaskan otot-otot untuk teknik lain yang relatif lebih intens, sekaligus mendorong sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.

3. Rubbing
Macam-macam gerakan massage terutama teknik rubbing membutuhkan penggunaan ibu jari yang biasanya bergerak dalam pola melingkar, menerapkan tekanan saat melakukannya.

Cara ini digunakan untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, serta untuk mengobati nyeri otot dan persendian. Saat menggosok kulit dengan ibu jari, pada dasarnya merawat bagian tubuh yang terlokalisasi, terutama di bagian otot yang kaku atau persendian yang sakit.

Baca Juga: 3 Alasan Pisces dan Taurus Cocok Sebagai Sahabat Sekaligus Pacar

4. Tapotement atau Tapping
Pijat tapotement biasanya digunakan dalam pijat olahraga karena merupakan teknik terbaik meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x