Arjan Wijngaard: Pria Belanda yang Mengoleksi Lebih dari 3000 Jersey Klasik dan Langka di Rumahnya

- 5 Mei 2022, 16:19 WIB
Ilustrasi Arjan Wijngaard./Instagram @sikkom050
Ilustrasi Arjan Wijngaard./Instagram @sikkom050 /

PRIANGANTIMURNEWS - Budaya ngoleksi jersey adalah hal yang umum ditemui di iklim suporter sepak bola. Saya (penulis) pribadi sempet 'terjerumus' ke dunia ini waktu SMP dulu, tepatnya dari 2012-2015.

40 potong jersey yang pernah saya miliki, termasuk 2 jersey Ajax yang ada difoto di atas ini. Kebanyakan dari ikut lelang di Facebook, atau ngulik situs CFS Original tentunya.

"Saya mulai berhenti ngoleksi jersey pas masuk SMA, karena sadar kalau hobi ini cukup 'mahal' dan kebutuhan primer saya seperti pelajar. Beda cerita kalau orang itu udah tajir melintir dan punya alokasi dana yang rapi, seperti pria asal Belanda, Arjan Wijngaard. Namanya cukup beken di dunia pengumpul jersey bola, karena dia punya koleksi 3000+ pasang jersey," ujarnya.

Baca Juga: Real Madrid Ditentukan oleh Semangat Juang, kata Ancelotti

Dia udah ngoleksi jersey sejak 1997, pas dikasih kado jersey Everton dan ngejaga kecintaannya terhadap kultur jersey sampai detik ini.

Arjan adalah fans dari tim Eredivisie, FC Groningen. Dia sering ngasih lihat koleksinya dan kadang juga ngadain aktivitas jual-beli di situs miliknya, voetbalshirts.org.

Uniknya, koleksi Arjan gak dipenuhi oleh jersey klub atau pun pemain top. Tapi, koleksinya didominasi tim-tim liga amatir dan antah berantah dari seluruh dunia. Misalnya tim Indonesia, Moldova, sampai divisi 9&10 Inggris. Semuanya ada.

Baca Juga: Ternyata Ini Bahayanya Menahan Kencing..

Arjan pernah suka menampilkan seluruh koleksinya di media sosial sebagai bahwa dia punya jersey itu dalam hidupnya.

Sebagai fans sejati Groningen, koleksi jersey Arjan terhadap klub asal Belanda itu cukup lengkap. Dia bahkan punya satu jersey matchworn (yang dipakai pemain di pertandingan asli) tahun 1980-an.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: voetbalshirts.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah