Sering Begadang? Waspadai 6 Bahaya yang Mengancam Ini

- 29 Mei 2022, 21:47 WIB
Ilustrasi orang sedang begadang karena terlalu asik Main Game./Pixabay
Ilustrasi orang sedang begadang karena terlalu asik Main Game./Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS- Orang yang terbiasa begadang untuk belajar, bekerja, atau bahkan senang-senang dan menghibur diri seperti main game atau nonton film sampai malam.

Tanpa disadari kebiasaan begadang ini bisa menimbulkan konsekuensi baik jangka pendek maupun jangka panjang kesehatan fisik dan mental akan terpengaruh oleh kurangnya waktu tidur dan menimbulkan beberapa bahaya.

Berikut ini dampak negatif sering begadang:

1. Gangguan saraf
Pusat susunan saraf pusat adalah jalur utama bagi informasi yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh. Tidur yang cukup dibutuhkan agar jalur ini bisa berfungsi dengan benar tetapi insomnia kronis atau kebiasaan begadang bisa mengganggu cara tubuh mengirim dan memproses informasi.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan kesulitan berkonsentrasi atau mempelajari hal baru sinyal yang dikirim oleh tubuh juga bisa jadi terhambat sehingga mengurangi kemampuan koordinasi dan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: 5 Pemain Naturalisasi Nampak Mengikuti TC Timnas, Siapa Saja?

2. Begadang juga bisa mempengaruhi kemampuan mental dan kondisi emosi, stres, negatif, kurang tidur bisa membuat orang menjadi tidak sabaran atau tentang terkena must UI tetap bisa mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan kreativitas dampak kedua melemahkan sistem kekebalan tubuh sekitar.

3. Sistem imun proses zat-zat yang bertugas melindungi tubuh dan melawan infeksi yaitu antibiotik dan sitokin sistem imun memanfaatkan gadget ini untuk melawan gangguan dari bakteri dan virus kebiasaan begadang dan kurangnya tidur akan mencegah sistem imun dari membangun benteng pertahanannya.

Jika tubuh tidak mendapat cukup waktu tidur maka ia tidak bisa melawan gangguan benda asing dan memperlambat itu pemulihan jika sedang sakit kekurangan tidur dalam waktu lama bisa meningkatkan resiko terjadi kondisi kronis seperti diabetes mellitus dan penyakit jantung dan pakai sehingga gangguan sistem pernapasan hubungan antara tidur dan sistem pernapasan bekerja dua arah gangguan pernapasan di malam hari ini.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Halosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah