Kapan Fenomena 5 Planet Akan Sejajar Dengan Bumi? Ini Penjelasannya

- 21 Juni 2022, 15:47 WIB
Rincian jam berapa planet sejajar 24 Juni 2022 bisa dilihat. Satu fenomena langka tiap 20 tahun dan apakah berbahaya bagi Bumi.
Rincian jam berapa planet sejajar 24 Juni 2022 bisa dilihat. Satu fenomena langka tiap 20 tahun dan apakah berbahaya bagi Bumi. /PIXABAY/Valera268268

PRIANGANTIMURNEWS- Pada 24 Juni 2022 pekan ini, fenomena planet sejajar bersama dengan Bulan yang langka, akan dapat terlihat dari bumi.

Kelima planet yang akan dapat terlihat dalam fenomena alam tersebut yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

30 menit sebelum fajar di 3 sampai 4 Juni, lima planet akan terlihat berurutan, dalam urutan yang benar dari matahari. Sementara 45 menit sebelum matahari terbit pada 24 Juni, Bulan akan bergabung dengan barisan planet-planet ini.

Baca Juga: Apa Itu Juneteenth? Simak Sejarahnya

Mengutip The Guardian, Selasa (21/6/2022), planet-planet di tata surya mengorbit matahari dalam bidang sangat sempit yang berarti jika dilihat dari Bumi mereka tampak berada dekat dengan garis imajiner di langit yang disebut ekliptika.

Lima planet ini akan naik di atas cakrawala pada Jumat dini hari, meskipun kemungkinan sulit untuk melihat semuanya sampai akhir bulan.

Dr. Greg Brown, Public Astronomy Officer di Royal Museums Greenwich mengatakan, planet Venus dan Jupiter akan menjadi yang paling mudah dilihat, dengan Venus di atas cakrawala sekitar pukul 4 pagi waktu Inggris dan Mars serta Jupiter terlihat sekitar 02.45 pagi.

Baca Juga: Tampil di Jerman, Nasida Ria Tuai Berbagai Apresiasi

Sementara, planet Saturnus naik di atas cakrawala pukul 01.30, tetapi seperti Mars akan menjadi sulit untuk dilihat saat senja. 

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x