Sate Jebred Makan Korban, 17 Orang Keracunan Dua Diantaranya Meninggal

- 11 Oktober 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi, resep sate jebred kikil khas Garut yang enak
Ilustrasi, resep sate jebred kikil khas Garut yang enak /Tangkap Layar Youtube/Masak Bareng Teteh Vika/

PRIANGANTIMURNEWS - Keracunan dialami warga di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya. Sebanyak 17 orang keracunan usai mengkonsumsi sate jebret atau sate kulit.

Dari 17 orang korban keracunan tersebut dua orang dikabarkan meninggal dunia.

Kejadian keracunan sate jebred ini pertama kali dilaporkan pada Senin, 9 Oktober 2023 oleh Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan dan Puskesmas Cilawu serta Puskesmas Bojongloa.

Baca Juga: Belasan Warga Garut Keracunan Usai Makan Satai Kulit, Dua Tewas, 12 Orang Dirawat

Camat Cilawu, Anas Aolia Malik pada Selasa 10 Oktober 2023 melaporkan pada pukul 14.00, seorang pasien datang ke Puskesmas Cilawu dengan keluhan demam, mual, pusing, muntah, diare, dan perut sakit melilit.

Hasil anamnesa mengindikasikan adanya beberapa pasien lain dengan keluhan serupa. Hingga pukul 22.00 malam tadi (9/10) terdapat 13 pasien yang dirawat di PKM Cilawu, dengan 8 di antaranya dirawat inap.

Selain itu, kata Anas, Klinik Cihideung juga menerima pasien dengan keluhan serupa, dengan 5 pasien dirawat inap.

Baca Juga: Keracunan Sate Kulit, Dua Orang Warga Garut Tewas,12 Orang Dirawat

Dari informasi sementara, teridentifikasi bahwa seluruh pasien berasal dari Kecamatan Cilawu dan Cigalontang, Tasikmalaya.

Kronologis kejadian menunjukkan bahwa pada Minggu, 8 Oktober 2023, warga di Kampung Campaka, RT 3 RW 3 Desa Kersamaju, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya mengonsumsi sate jebred dari warung Ny. M. Beberapa jam setelah mengonsumsi makanan tersebut, tujuh orang mengalami gejala mual, muntah, dan diare.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x