Apakah Semua Alat Memasak Aman Bagi kesehatan Dan Bisa Tahan Lama? Yuk Cari Tahu!

- 28 Januari 2024, 14:26 WIB
Ilustrasi seseorang memasak
Ilustrasi seseorang memasak /Pexel/Jurnal Makassar/

PRIANGANTIMURNEWS - Pemilihan peralatan masak ternyata memiliki dampak signifikan pada kesehatan jangka panjang, dan para ahli menekankan pentingnya mempertimbangkan faktor keamanan dalam setiap pilihannya.

Menurut Jim Perko, seorang koki di Center for Integrative & Lifestyle Medicine, the Cleveland Clinic, opsi peralatan masak paling sehat dan aman bukanlah yang terbuat dari keramik atau bahan PTFE yang dikenal dengan merek Teflon, namun yang berbahan kaca serta baja yang tahan karat.

Dalam keterangannya di laman Health, Perko menyoroti pentingnya memilih panci serta wajan dengan bahan kaca atau Pyrex, yang berbahan baja tahan karat, sebagai pilihan lebih sehat untuk digunakan seumur hidup.

Baca Juga: Forum Hufazil Qur'an Kembali Lahirkan Generasi Muda Bangsa yang Berakhlak Al Qur'an!

Meskipun begitu, keamanan peralatan masak juga tergantung pada faktor seperti jenis logam dasar, lapisan pelapis, dan cara pengaplikasiannya.

Disini lebih lanjut akan membahas mengenai berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan peralatan masak, termasuk risiko yang mungkin terkait dengan penggunaan peralatan tertentu.

“Jika Anda dapat menggunakan atau membeli panci dan wajan berbahan kaca atau Pyrex, yang terbuat dari baja tahan karat, ini pilihan yang lebih sehat untuk digunakan seumur hidup,”ujar Perko pada Minggu 28 Januari 2024.

Baca Juga: Terafiliasi dengan Jaringan Teroris, Warga Cepogo Boyolali Ditangkap Densus 88 Antiteror
 
Pada umumnya, peralatan masak berbahan keramik bahannya terbuat dari logam yang dilapisi oleh bahan anti lengket, biasanya yang disebut silikon.

Bahan seperti ini tentunya relatif lebih aman jika digunakan pada tekanan suhu yang lebih tinggi, namun beberapa merek mungkin ada yang menggunakan lapisan mengandung logam berat.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x