Arab Saudi dan UEA Mengutuk Keras Tindakan Otoritas Israel terhadap Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

- 8 Mei 2021, 23:39 WIB
Polisi Israel saat bentrokan dengan warga Palestina di depan Masjid Al-Aqsa
Polisi Israel saat bentrokan dengan warga Palestina di depan Masjid Al-Aqsa /Twitter/@Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu, 8 Mei 2021 mengecam rencana Israel untuk mengusir warga Palestina dari tanah yang diklaim oleh pemukim Yahudi, setelah malam kekerasan di Yerusalem.

Polisi Israel menembakkan peluru karet dan granat setrum ke arah pemuda Palestina yang melempar batu di masjid Al-Aqsa Yerusalem pada Jumat malam, 7 Mei 2021.

Bentrokan di situs tersuci ketiga Islam dan di sekitar Yerusalem Timur tersebut melukai 205 warga Palestina dan 17 petugas polisi.

Baca Juga: Israel Berharap Turki akan Bergabung dengan Forum Gas Mediterania Timur

Hal itu terjadi di tengah kemarahan yang meningkat atas rencana penggusuran dari pemerintah Israel terhadap warga Palestina.

"Arab Saudi menolak rencana dan tindakan Israel untuk mengusir puluhan warga Palestina dari rumah mereka di Yerusalem dan memaksakan kedaulatan Israel atas mereka," kata Kementerian Luar Negeri kerajaan Arab Saudi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan pada Al Arabiya milik Saudi seperti dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari laporan Reuters pada Sabtu, 8 Mei 2021.

UEA, yang menormalisasi hubungan dengan Israel tahun lalu, juga turut "mengutuk keras" bentrokan dan potensi penggusuran tersebut melalui pernyataan Menteri Luar Negeri UEA Khalifa al-Marar, dan mendesak otoritas Israel untuk mengurangi ketegangan.

Baca Juga: Otoritas Palestina dan Liga Arab Mengutuk Pembukaan Kantor Ceko di Yerusalem

Dalam pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara WAM, Marar menekankan agar otoritas Israel bertanggung jawab dan mentaati hukum Internasional yang berlaku.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x