Menandai 73 Tahun Hari Nakba: Serangan Udara dan Altileri Israel di Gaza Kian Meningkat

- 15 Mei 2021, 20:28 WIB
Kolase foto reruntuhan bangunan dan permukiman warga di kota Gaza setelah dibombardir pasukan Israel melalui serangan udara pada hari Kamis dan Jumat, 13 dan 14 Mei 2021
Kolase foto reruntuhan bangunan dan permukiman warga di kota Gaza setelah dibombardir pasukan Israel melalui serangan udara pada hari Kamis dan Jumat, 13 dan 14 Mei 2021 /Twitter/@AJEnglish/

PRIANGANTIMURNEWS- Hari Nakba tahun ini menandai 73 tahun sejak 750.000 warga Palestina diusir secara paksa dari rumah mereka selama pembentukan Israel pada tahun 1948.

Namun, serangan udara dan serangan artileri Israel di Gaza pada hari ini terus meningkat ke tingkat yang secara historis belum pernah terjadi sebelumnya.

Nakba, bahasa Arab yang memiliki arti malapetaka, mengacu pada peristiwa traumatis kolektif yang menewaskan 15.000 warga Palestina dan 531 desa Arab dihancurkan dalam serangan untuk memberi jalan bagi negara Israel.

Baca Juga: Israel Tak Henti Gempur Serangan udara ke Jalur Gaza, Ribuan Warga Palestina diminta PBB meninggalkan Rumah

Kebakaran tanpa pandang bulu terbaru oleh Israel di Gaza telah merenggut nyawa delapan orang Palestina pada Sabtu pagi, 15 Mei 2021 dan menjadikan total korban tewas menjadi setidaknya 139 jiwa sejak serangan dimulai enam hari lalu.

Delapan anak dan dua wanita tewas oleh pasukan Israel dalam serangan terbaru di sebuah gedung pemukiman sipil.

Satu-satunya yang selamat adalah bayi berusia 2 bulan, menurut otoritas kesehatan Gaza yang menyatakan bahwa "pembantaian" tidak cukup untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi di sana.

Baca Juga: Israel Terus Menggempur Gaza dengan Serangan Udara dan Peluru Altileri, Jumlah Korban Tewas Kian Meningkat

Protes yang mengutuk agresi militer Israel yang tidak proporsional dan perluasan pemukiman ilegal juga diadakan di seluruh dunia sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: TRT World


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x