Desakan 73 Anggota Parlemen AS kepada Joe Biden, Batalkan Kebijakan Pro-Israel Trump

- 26 Juni 2021, 12:42 WIB
Ilustrasi Gedung Putih.
Ilustrasi Gedung Putih. /Pixabay/12019/

PRIANGANTIMURNEWS– Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendapat desakan dari 73 anggota DPR Demokrat.

Desakan 73 anggota parlemen menginginkan Biden membalikan “pengabaian kebijakan AS bipartisan yang sudah berlangsung lama” perihal pendudukan Israel di Palestina, serta dukungan terkait solusi dua negara.

Rabu, 23 Juni 2021, surat dikirim ke Gedung Putih dan ditandatangani oleh 73 anggota parlemen Demokrat.

Surat tersebut menyerukan agar pemerintahan Biden dengan resmi menarik tentang “kesepakatan abad ini” yang sudah gagal dilakukan oleh presiden Amerika Serikat sebelumnya, Donald Trump.

Baca Juga: 6 Kesalahan Ketika Memakai Body Lotion Setiap Hari bagi Kaum Perempuan

Total berisi 8 tuntutan, anggota parlemen lebih memfokuskan terhadap perubahan kebijakan Trump yang menuntut bagi mereka yang membawa Israel dan Palestina lebih jauh dari perjanjian dua negara, mendasarkan peristiwa pemboman 11 hari Israel di Gaza pada bulan lalu.

“Pecahnya kekerasan ini adalah pengingat yang menyakitkan bahwa konflik Israel-Palestina tidak memiliki solusi militer dan hanya dapat diselesaikan melalui diplomasi dan solusi dua negara yang dinegosiasikan yang menjamin hak-hak sipil dan politik, keselamatan, dan penentuan nasib sendiri kedua bangsa,” tulis anggota parlemen dilansir Middle East Monitor pada Jumat, 25 Juni 2021.

Surat tersebut juga meminta Gedung Putih untuk segera membuka lagi konsulat AS di Yerusalem, mengeluarkan lagi pedoman Departemen Luar Negeri, serta bea cukai untuk klarifikasi bahwa pemukiman tidak konsisten dengan hukum internasional, serta menentang aksi pengusiran paksa warga Palestina yang berada di Yerusalem Timur dan diseluruh wilayahnya.

Baca Juga: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Bagikan Keberhasilan AS Atasi Covid-19

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Middle East Monitor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah