Indonesia Desak Myanmar Setujui Pengangkatan Utusan Asean

- 2 Agustus 2021, 19:15 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi /@garudamotivator/Instagram

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Luar Negeri Indonesia mendesak Myanmar pada Senin (2 Agustus) untuk menyetujui penunjukan utusan khusus Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan mengatakan sedikit kemajuan telah dibuat pada rencana untuk mempromosikan pembicaraan antara pihak-pihak yang bersaing di Myanmar.

Enam bulan setelah militer menggulingkan pemerintah Myanmar yang terpilih secara demokratis, para menteri luar negeri Asean bertemu pada hari Senin untuk menyelesaikan utusan yang ditugaskan untuk mengakhiri kekerasan dan mempromosikan dialog antara junta dan lawan-lawannya.

Berbicara kepada media melalui konferensi video, Retno Marsudi dari Indonesia mengatakan kelompok itu “tidak membuat kemajuan signifikan” dalam menerapkan rencana lima poinnya untuk menghentikan gejolak di Myanmar, yang diumumkan pada bulan April.

Baca Juga: Mata Anda Terasa Lelah, Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya

Penundaan itu “tidak baik bagi ASEAN” dan, jika tidak ada tindakan yang berlanjut, masalah tersebut harus dikembalikan kepada para pemimpin untuk memberikan arahan, katanya.

Myanmar telah disiksa oleh tindakan keras mematikan terhadap protes, keruntuhan ekonomi dan eksodus pengungsi sejak kudeta 1 Februari. Lonjakan infeksi virus corona telah membanjiri sistem kesehatannya, memperburuk krisis kemanusiaan dalam sebulan terakhir.

PBB dan banyak negara, termasuk Amerika Serikat dan China, telah mendesak blok Asia Tenggara, yang 10 anggotanya termasuk Myanmar, untuk mempelopori upaya diplomatik untuk memulihkan stabilitas di Myanmar.

“Indonesia berharap Myanmar segera menyetujui usulan Asean untuk penunjukan Utusan Khusus,” kata Retno.

Baca Juga: Syarat Mendapatkan Vaksin Untuk Ibu Hamil

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Straits Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah