Mata Anda Terasa Lelah, Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya

- 2 Agustus 2021, 18:56 WIB
ilustrasi mata lelah / kurang tidur
ilustrasi mata lelah / kurang tidur /Andi Syadian

PRIANGANTIMURNEWS- Sering kali mata kita merasa lelah, apalagi setelah menatap layar komputer atau layar handphone dengan waktu yang lama.

Apabila mata lelah ini dibiarkan, maka akan mengalami gangguan yang serius. Oleh karena itu, ketahui apa saja cara mencegah dan mengatasi mata lelah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Beristirahat lah yang cukup.

Mata lelah merupakan gangguan yang terjadi akibat mata digunakan dalam jangka waktu lama tanpa istirahat. Selain terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, mata lelah juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti mengendarai kendaraan dengan jarak yang jauh atau terpapar cahaya yang terlalu terang, atau karena presbiopi pada usia lanjut.

Baca Juga: Syarat Mendapatkan Vaksin Untuk Ibu Hamil

Keluhan mata lelah sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Namun, dalam beberapa kasus, mata lelah dapat menjadi tanda adanya gangguan penglihatan yang memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Kenali Beragam Gejala Mata Lelah

Ada beberapa gejala yang dapat ditimbulkan dari mata lelah, antara lain:

- Mata terasa nyeri, perih, atau gatal
- Mata berair atau terasa kering
- Pandangan kabur atau berbayang
- Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya
- Sulit berkonsentrasi

Gejala mata lelah juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya nyeri pada bahu, leher, punggung, dan sakit kepala. Jika kurang tidur, mata lelah dapat menurunkan produktivitas dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah