Korupsi Parah Setelah Pasukan AS Mundur, Permudah Taliban Cepat Kuasai Afghanistan

- 5 September 2021, 10:40 WIB
Juru Bicara Taliban, Suhail Shaheen
Juru Bicara Taliban, Suhail Shaheen /Twitter/@AJEnglish/

PRIANGANTIMURNEWS - Berbagai pertayaan pun muncul mengapa Taliban bisa cepat menguasai Afganistan. Salah satunya adalah korupsi parah, yang dilakukan pemerintah berkuasa di bawah Presiden Ashraf Ghani.

Hal terungkap dalam Diskusi publik bertema "Masa Depan dan Kesinambungan Failed State Afghanistan” (negara gagal) mengungkap penyebab utama Taliban bisa dengan cepat menguasai Afghanistan.

DIkutip priangantimurews.com dari Pikiran Rakyat, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) M. Zulfikar Rahmat, Ph.D mengatakan Taliban bisa dengan cepat menguasai afghanistan karera strategi perang Taiban, legitisi masyarakat tinggi, korupsi parah.

Baca Juga: Erick Thohir Lakukan Pengecekan Ketersediaan Vitamin dan Obat-Obatan Covid-19

“Taliban dapat dengan cepat menguasai Afghanistan disebabkan oleh strategi perang Taliban, legitimasi masyarakat yang tinggi, serta korupsi yang parah pada pemerintahan dan mundurnya pasukan AS,” kata Zulfikar dalam diskusi virtual.

Diskusi itu diselenggarakan Indef bekerja sama dengan Universitas Paramadina dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Hadir pula pembicara Dr. Phil. Shiskha Prabawaningtyas, Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy dengan moderator Peneliti Indef Eisha Maghfiruha Rachbini.

Baca Juga: Dokter Tirta Sebut Deddy Corbuzier Selamat Dari Kritis Karena Pola Hidup Sehat

Zulfikar Rahmat mengatakan, intervensi berbagai negara di Afghanistan meninggalkan penderitaan hingga 50% warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Disebutkan, sejarah Afghanistan merupakan negara yang kerap dilanda perang akibat diintervensi oleh berbagai negara seperti Inggris (1839-1919), Uni Soviet (1979-1989), dan Amerika Serikat (AS) pada 2001-2021.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x