Koin Emas Berasal dari Tahun 600 Masehi Ditemukan di ladang Norfolk Inggris

- 17 November 2021, 19:42 WIB
Kumpulan koin emas berasal dari tahun 600 Masehi ditemukan di Inggris.
Kumpulan koin emas berasal dari tahun 600 Masehi ditemukan di Inggris. /British Museum/

PRIANGANTIMURNEWS- Ketika berbicara mengenai harta karun, pasti kamu akan senang, karena akan mendapatkan tumpukan koin emas dan permata yang banyak.

Baru-baru ini, terdapat penemuan terbesar koin emas pada era Anglo-Saxon, yang adalah kumpulan koin emas yang berasal dari tahun 600 Masehi. Koin emas itu ditemukan di area ladang Norfolk, Inggris.

Setidaknya, terdapat sebanyak 131 koin emas serta 4 keping emas lainnya dari sekitar 600 Masehi yang dikubur. Benda-benda tersebut telah ditemukan sejak 1991 oleh beberapa orang.

Salah satunya adalah David Cockle, seorang detektor logam atau pencari harta karun. David sendiri adalah seorang polisi aktif saat menemukan koin-koin emas itu.

Baca Juga: Pernah Tenggelam Selama 36 Tahun, Desa Desa Guiri Qasrouka Muncul ke Permukaan

David sendiri tidak melaporkan penemuan koin emas itu ke pihak wajib. Mengutip The History Blog, dia bahkan tidak memberi tahu pemilik tanah yang memberinya izin untuk memindai ladang yang sudah menyimpan koin emas itu. Padahal, David sebelumnya sudah sepakat bahwa akan membagikan hasil kepada pemilik ladang itu.

Hanya saja, pada akhirnya dia diketahui pihak otoritas dalam upaya untuk penyelundupan dan penjualan gelap koin-koin emas kuno. Pada 2017, David kemudian dipecat dari kepolisian dan harus menjalani hukuman selama 16 bulan penjara, setelah mengaku salah terhadap kejadian yang dilakukannya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa timbunan koin itu berasal dari era Angro-Saxon, yang berhasil ditemukan di Crondall, Hampshire pada 1828.

Baca Juga: Bumerang Berusia 300 Tahun Ditemukan di Australia Selatan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @faktadanmitos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x