WHO Menyebut Varian Virus Corona Omicron Cukup Menular

- 5 Desember 2021, 18:25 WIB
Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia Soumya Swaminathan.
Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia Soumya Swaminathan. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia Soumya Swaminathan menyebut, Varian Virus Corona baru Omicron tampaknya sangat menular.

"Untuk mengantisipasi yang tepat adalah bersiap, berhati-hati dan tidak panik," kata Soumya dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Reutres Minggu 5 Desember 2021.

Adanya varian virus Omicron WHO telah mendesak negara-negara untuk meningkatkan perawatan kesehatan dan mempercepat vaksinasi.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Kerahkan Bantuan Evakuasi Korban Gunung Semeru

Selain mempercepat vaksinasi, meningkatkan derajat kesehatan dan memperketat perjalanan secara sama sama antar negara untuk memerangi lonjakan kasus baru varian Omicron.

"Meski khawatir ada kita tidak boleh panik. Tepatpi kita harus bersiap dan berhati-hati, tidak panik, karena kita berada dalam situasi yang berbeda dengan tahun lalu," kata Swaminathan.

Kemunculan virus dan varian baru tidak diinginkan, saat ini dunia jauh lebih siap mengingat pengembangan vaksin sejak awal pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mengenal Cytotec, Obat Penggugur Kandungan yang digunakan Novia Widyasari Rahayu

Perlu waspada karena masih banyak yang belum diketahui tentang Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan hingga kini sudah 12 negara.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x