Ratu Elizabeth II Meninggal Pada Usia 96 Tahun Setelah 70 Tahun Memerintah Inggris

- 9 September 2022, 04:59 WIB
Potret Ratu Elizabeth Raja Inggris
Potret Ratu Elizabeth Raja Inggris /Instagram @buckinghampalaceroyal/

PRIANGANTIMURNEWS - Ratu Elizabeth II, raja terlama yang memerintah Inggris dan tokoh bangsa selama tujuh dekade, meninggal di rumahnya di Skotlandia pada usia 96 tahun pada Kamis 8 September 2022.

Dikutip priangantimurnews.com dari Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan. "Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan. "Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok."


Putra tertua Elizabeth, Charles, 73 tahun, secara otomatis menjadi raja Inggris dan kepala negara dari 14 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Istrinya Camilla menjadi Permaisuri.

Berita bahwa kesehatan ratu memburuk muncul tak lama setelah tengah hari pada hari Kamis ketika dokternya mengatakan dia berada di bawah pengawasan medis, mendorong keluarganya untuk bergegas berada di sisinya di rumahnya di Skotlandia, Balmoral.

Baca Juga: Timnas Futsal Indonesia Bungkam Korea Selatan, Persiraja Kalah WO Karena Ini! Laga PSS Sleman vs Persis Solo!

Ratu telah menderita apa yang disebut Istana Buckingham sebagai "masalah mobilitas episodik" sejak akhir tahun lalu, memaksanya untuk menarik diri dari hampir semua acara publiknya.

Keterlibatan publik terakhirnya datang hanya pada hari Selasa, ketika dia menunjuk perdana menteri Liz Truss - perdana menteri ke-15.

Di istananya dan di gedung-gedung pemerintah di London, bendera diturunkan menjadi setengah tiang.


Ratu Elizabeth II, yang juga merupakan kepala negara tertua dan terlama di dunia, naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952, ketika dia baru berusia 25 tahun.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x