60 Situs Pemakaman Era Romawi Ditemukan di Jalur Gaza Utara

- 13 Desember 2022, 18:15 WIB
Ditemukan 60 pemakaman era romawi di Jalur Gaza utara. Sejumlah pekerja Palestina melakukan ekskavasi pada sebuah situs pemakaman era Romawi yang baru-baru ini ditemukan di Jalur Gaza utara pada 12 Desember 2022.
Ditemukan 60 pemakaman era romawi di Jalur Gaza utara. Sejumlah pekerja Palestina melakukan ekskavasi pada sebuah situs pemakaman era Romawi yang baru-baru ini ditemukan di Jalur Gaza utara pada 12 Desember 2022. /

PRIANGANTIMURNEWS - Situs pemakaman di era Romawi ditemukan di jalur Gaza Utara.

Penemuan situs pemakaman era Romawi itu diumumkan oleh Otoritas Gaza mengumumkan. Ada 60 lebih makam di sebelah utara wilayah kantong Palestina tersebut.

Saat ini  proses  ekskavasi sedang dilakukan di kompleks pemakaman yang berasal dari abad ke-2 hingga ke-4 Masehi tersebut.

Baca Juga: Injak-injak dan Meludahi Sesajen saat Study Tour di Bali, Puluhan Siswa Asal Sleman Alami Kesurupan Masal

Demikian dilaporkan media setempat pada Senin 12 Desember 2022, mengutip pernyataan Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan yang dikelola Hamas.

Menurut kementerian tersebut, relik-relik itu kali pertama ditemukan oleh para pekerja konstruksi di lokasi pembangunan mereka yang berada di sebuah area permukiman.

Jamal Abu Raida, direktur jenderal kementerian tersebut, menyampaikan bahwa sejumlah benda purbakala telah digali, termasuk bejana tembikar dan wadah kaca.

Baca Juga: LAGA PERSAHABATAN: Thailand vs China Taipei Beserta Prediksi dan Head to Head

Tim teknis dari kementerian itu bekerja sama dengan sejumlah pakar asing untuk menganalisis manifestasi budaya dari temuan tersebut, imbuh Raida.

Rumah bagi lebih dari 2 juta jiwa, Jalur Gaza yang diblokade Israel merupakan salah satu wilayah tertua dalam sejarah yang dikenal sebagai pusat perdagangan bagi para saudagar Arab.

Sejumlah pekerja Palestina melakukan ekskavasi pada sebuah situs pemakaman era Romawi yang baru-baru ini ditemukan di Jalur Gaza utara pada 12 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x