Adanya Dugaan Kerusuhan Dibiarkan Terjadi, Pasukan Keamanan Brazil dinilai Lamban Menahan Kerusuhan

- 10 Januari 2023, 09:31 WIB
Ilustrasi Kerusuhan di Brazil.
Ilustrasi Kerusuhan di Brazil. /Netflix/

PRIANGANTIMURNEWS- Peristiwa kerusuhan yang terjadi di negara Brasil menjadi perhatian yang disorot oleh seluruh Dunia. Pasalnya baru beberapa hari Lula da silva dilantik menjadi presiden dari pihak kiri, para pendukung fanatik Jair Bolsonaro dari pihak kanan berani melakukan tindakan pengecut.

Seolah gerakan anti-demokrasi, pihak pemberontak tersebut menolak kekalahan pemimpinnya saat pemilihan umum di bulan Oktober 2022 berlangsung. Namun ada kecurigaan publik dan tokoh Brasil yang mempertanyakan sikap pihak keamanan yang dinilai lamban, mengingat mayoritas mereka adalah pro sayap kanan.

Dalam konferensi pers yang dilakukan oleh negara Brasil, Presiden Lula menyampaikan bahwa kerusuhan yang terjadi adalah antara ketidakmampuan pihak keamanan atau justru sebuah itikad buruk. Lula sampaikan dengan tegas kepada polisi, militer dan angkatan bersenjata.

Baca Juga: Gempa Magnetudo 7,5 Guncang Ambon

Menanggapi respon tersebut, polisi Brasil menyampaikan dan berjanji akan menghukum pemberontak dan mengeluarkan mereka dari korps setelah menyelidiki dalang dimana ada dugaan pengabaian keamanan oleh pihaknya yang berwajib.

Dilansir dari Aljazeera.com, pihaknya melaporkan dari Rio de Janeiro Brasil. Bahwa ada pertanyaan yang dasar tentang bagaimana mungkin pasukan keamanan publik di Brasilia begitu tidak siap dan mudah kewalahan oleh para perusuh atau demonstran.

“Para pendukung Bolsonaro telah mengorganisir serangan-serangan ini di saluran Telegram mereka, dan selama sepekan terakhir bus-bus yang membawa ratusan orang telah tiba di Brasilia,” ungkap, Monica Yanakiew dari Aljazeera.

Baca Juga: Duel Sengkit Sampai Ngamuk! Marc Klok Vs Bek Vietnam!

“Jadi mengejutkan bahwa pasukan keamanan di Brasilia sangat lamban untuk bertindak, dan ini menimbulkan keraguan tentang loyalitas mereka karena polisi militer dan angkatan bersenjata, secara umum, telah menjadi pendukung setia Bolsonaro,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x