Menteri Olah Raga Rusia Protes Atletnya Dilarang Berkompetisi di Olimpiade 2024

- 12 Februari 2023, 09:00 WIB
Logo Olimpiade 2024 Prancis ini hasil pembagian kuota tim Sepakbola Putra
Logo Olimpiade 2024 Prancis ini hasil pembagian kuota tim Sepakbola Putra /olympics.com

PRIANGANTIMURNEWS - Pada Olimpiada 2024 di Paris 35 negara melarang atlet Rusia dan Belarus ikut berkompetisi dalam ajang tersebut.

Namun seruan atlet Rusi ikut berkompetisi dalam Olimpiada dari 35 negara tersebut termasik Amerika Serikat, Jerman Australia ditentang oleh Menteri Olahraa Rusi Oleg Matytsin.

Dikutip dari TASS Menteri Olahraga Rusia Oleg Matytsin mengatakan pada Sabtu bahwa seruan para menteri dari 35 negara untuk melarang atlet Rusia dan Belarus berkompetisi dalam Olimpiade 2024 tidak dapat diterima, kantor berita TASS melaporkan.

Baca Juga: Hans Modrow Perdana Menteri Komunis Terakhir Jerman Timur Meninggal Dunia, Ini Kiprah Politiknya

Seruan pelarang atlte Rusia berkompetisi di ajang Olimpiada itu disampaikan 35 negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Australia, menyerukan pelarangan itu, menurut Menteri Olahraga Lithuania pada Jumat 10 Februari 2023.

Menurut Oleg Matytsin seruan tersebut menambah ketidakpastian penyelenggaraan Olimpiade yang akan digelar di Paris itu.

Bahkan seruan itu juga meningkatkan tekanan pada Komite Olimpiade Internasional (IOC), yang sudah putus asa melindungi pesta olahraga itu dari dampak konflik di Ukraina.

Baca Juga: Jumlah Korban Tewas Gempa Turki Lebih dari 20.665 Orang, 80.088 Luka-luka

"Ini adalah campur tangan langsung oleh para menteri dalam kegiatan organisasi olahraga internasional yang independen, upaya mendikte partisipasi atlet dalam kompetisi internasional, yang sama sekali tidak dapat diterima," kata Matytsin, seperti dikutip TASS.

IOC sendiri telah mengizinkan atlet Rusia dan Belarus untuk berkompetisi di Olimpiade Paris sebagai atlet berstatus netral atau tidak mewakili negara mana pun.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x