Tiga Jenis BLT Segera Disalurkan, 7,4 Juta KPM di Jabar Terima Bantuan Tunai

- 5 Januari 2021, 08:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan penyaluran tiga jenis bantuan sosial di Povinsi Jawa Barat.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan penyaluran tiga jenis bantuan sosial di Povinsi Jawa Barat. /Novi Nurulliah/Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMUR NEWS- Pemerintah pusat tahun 2021 akan meluncurkan tiga jenis bantuan sosial langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM) se-Indonesia.

Bansos dari Kemensos yang terdiri dari tiga macam itu secara resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1/2021).

Tiga jenis bantuan yang diluncurkan yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga: Kartu Prakerja Tahun 2021, Begini Cara Datarnya di Taman www.prakerja.go.id

Selain secara simbolis diberikan kepada sejumlah penerima yang hadir di Istana Negara, juga dilaksanakan penyerahan bantuan tunai oleh para gubernur di 34 di Indonesia yang terhubung secara virtual.

Hal itu termasuk yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar.

Dalam laporannya, Dodo menuturkan jumlah KPM penerima bantuan tunai tahun 2021 alami penurunan karena adanya KPM yang graduasi atau lulus dari jeratan kemiskinan.

Baca Juga: 10 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Kesehatan

Sebelumnya pada tahun 2020 jumlah KPM yang menerima bantuan tunai dari pusat yaitu sebanyak 7.659.907 KPM, sedangkan tahun 2021 ini sebanyak 7.421.816 KPM.

Adapun rinciannya, 1.718.362 KPM penerima Program Keluarga Harapan (PKH), 3.515.180 KPM akan menerima bansos program sembako atau BNPT dan 2.188.274 KPM akan menerima bantuan sosial tunai (BST).

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah