Ridwan Kamil Persiapkan Perbaikan Tanggul Citarum Bersama Tim Kementerian PUPR

- 24 Februari 2021, 19:12 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau lokasi banjir di Bekasi.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau lokasi banjir di Bekasi. /Akun facebook Ridwan Kamil/

PRIANGANTIMURNEWS- Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat melakukan persiapan perbaikan Tanggul Citarum di Kabupaten Bekasi.

Tanggul ini jebol dan mengakibatan banjir di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Persiapan perbaikan tersebut berkolaborasi dengan Kementerian PUPR (Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat).

Dilansir priangantimurnews dari Facebook pribadinya, Ridwan Kamil mengungkap persiapan perbaikan tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete Sikka di NTT

“Perbaikan bisa dilakukan karena kondisi banjir sebagian sudah surut,” tulis Kang Emil – sapaan akrabnya – di laman Facebook.

Tanggul Sungai Citarum merupakan tanggul yang dibangun untuk menanggulangi banjir terjadi di Kabupaten Bekasi beberapa tahun lalu. Tanggul Citarum jebol pada Sabtu, 20 Februari 2021 yang mengakibatkan 8.000 warga di evakuasi, banjir merendam 9 Desa, pengungsian diadakan test swab, dan terdapat tenda dapur untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, mengatakan tanggul yang jebol sepanjang kurang lebih 50 meter, dan saat ini masih terfokus untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir. Terdapat beberapa warga yang tetap memilih bertahan di rumah yang bertingkat dua.

Baca Juga: Wali Kota Tasik Non Aktif Budi Budiman Divonis 1 Tahun, Tapi Tak Lama Lagi Bebas

Menurut, Kang Emil tanggul Citarum mengalami kejebolan karena kapasitas Citarum yang maksimal hanya 800 m2/detik, kemarin akibat curah hujan tinggi ditekan oleh aliran air sebanyak 1300 m3/detik.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Facebook Ridwan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x