Masyarakat Tasikmalaya Menuntut Pemerintah untuk Mencabut Izin Pertambangan Pasir di Leuweung Keusik

- 4 Maret 2021, 19:09 WIB
Aksi demonstrasi masyarakat Tasikmalaya yang menuntut agar perizinan tambang pasir di Leuweung Keusik secepatnya bisa dicabut Kamis, 4 Maret 2021.
Aksi demonstrasi masyarakat Tasikmalaya yang menuntut agar perizinan tambang pasir di Leuweung Keusik secepatnya bisa dicabut Kamis, 4 Maret 2021. /PRIATIM PRMN/GALIH R/

PRIANGANTIMURNEWS- Ratusan masyarakat Tasikmalaya yang terdiri dari berbagai ormas beserta mahasiswa melakukan aksi demonstrasi di area Kantor Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis, 4 Maret 2021.

Dalam aksi tersebut, masyarakat menuntut pemerintah Tasikmalaya agar secepatnya bisa mencabut izin pertambangan pasir CV Trican yang ada di blok Leuweung Kesik, Pasir Ipis, Padakembang, Tasikmalaya.

Tuntutan tersebut dilakukan, karena masyarakat melihat adanya potensi bagi terjadinya berbagai bencana yang bisa ditimbulkan oleh proyek tambang tersebut.

Baca Juga: Panjatkan Doa Untuk Rina Gunawan, Melly Goeslow dan Jajaran Rekan Artis Gelar Tahlillan Olline

Asep Denden yang merupakan ketua dari Aliansi Masyarakat Peduli Galunggung (AMPEG) menyebutkan, bahwa jika penambangan pasir tersebut berlanjut, masyarakat yang ada di sekitar akan mendapatkan dampak yang buruk, terutama pada terjadinya pemutusan mata air.

“Kalau pasir di wilayah tersebut dikeruk, satu, yang akan terjadi adalah pemutusan mata air, yang kedua, daerah resapan air akan terganggu, yang ketiga, cekungan yang memang dulu sebagai tanggul alam lahar tidak ke sana kemari itu pun akan rusak,” tegas Denden.

Bahkan ia juga menegaskan, bahwa wilayah yang berpotensi terkena dampak dari pertambangan tersebut bukan hanya wilayah setempat saja, tetapi juga bisa berdampak hingga kecamatan lain yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Aksi demonstrasi masyarakat Tasikmalaya.
Aksi demonstrasi masyarakat Tasikmalaya.

Baca Juga: Hari Obesitas Sedunia, Yuk Cegah Obesitas dengan CERDIK

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x