Jabar Tawarkan Mega Proyek Pasar Kreatif dan Wana Wisata Ciater

- 24 Oktober 2021, 19:15 WIB
Tempat  Wisata Air Panas Ciater
Tempat Wisata Air Panas Ciater /Facebook @Telusuri Indonesia/

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menawarkan dua mega proyek wisata yaitu Pasar Kreatif dan Wana Wisata Ciater yang mencapai Rp 1 triliun lebih. Kedua mega proyek tersebut telah disoundingkan atau ditawarkan pada investor dalam WJIS 2021 kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik menuturkan, terhadap kedua proyek tersebut sudah banyak investor yang mengemukakan minat mereka untuk menggarap Pasar Kreatif maupun Wana Wisata Ciater. Pasalnya, dua proyek tersebut memiliki kesiapan tersendiri.

“Dua objek tersebut masuk dalam Brown book, yang artinya dari sisi perencanaan dan kesediaan lahan sudah siap serta regulasi sudah ada,”ujar Dedi yang dihubungi, Minggu (24/10/2021).
Menurut dia, pada bidang parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) dikelola BUMD PT Jaswita yaitu pengembangan Ciater seluas 450 ha.

Baca Juga: Prediksi Skor Inter Milan vs Juventus, H2H, Berita Tim, Starting XI: Serie A 2021-22, Live RCTI+

Selain Cianter, lanjut Dedi, pengelolaan Pasar Kreatif seluas 4 ha yang ada di Jalan Pahlawan di Kota Bandung.

Ia optimistis realisasi dua proyek itu bisa membantu pertumbuhan ekonomi Jabar secara signifikan. Pasalnya, potensi penyerapan sumber daya manusia (SDM) sangat tinggi, begitu pula dengan transaksi ekonomi.

"Investasi ini baik, yang di Ciater itu kurang lebih nilainya Rp 1,3 triliun. Yang Pasar Kreatif juga lumayan. Sangat menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi Jabar ke depan di masa pandemi," kata Dedi.

Baca Juga: Ilham Abdul Jabar, Santri Kota Tasikmalaya, Lahirkan Buku Perdananya di Hari Santri Nasional 2021

"Dalam prosesnya banyak yang tertarik untuk menanamkan modalnya,"ucapnya menambahkan.
Upaya merealisasikan rencana ini dalam ajang WJIS, pihaknya menggandeng BUMD Jaswita. Salah satu tujuannya membuat perusahaan daerah berdaya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x